5 Macam Pengunjung Perpustakaan

5 Macam Pengunjung Perpustakaan

UN1X PROJECT - Saya yakin kamu semua rajin membaca. Seperti yang kamu tahu, rajin membaca adalah kunci untuk melihat jendela dunia. Nah, salah satu tempat yang sangat identik dengan kegiatan baca-membaca ini tentu saja adalah perpustakaan. Perpustakaan menyediakan banyak sekali buku, majalah, koran, dan hal-hal lain yang bisa kamu baca. Intinya, kamu dateng ke perpustakaan ya harusnya buat baca. Tapi ternyata ada macem-macem orang lho di dalam perpustakaan. Nah berikut ini adalah jenis-jenis orang yang ada di perpustakaan.

1. Si Serius

Jumlah si serius ini terbilang banyak di perpustakaan. Ciri-ciri si serius ini adalah mata tertuju ke bacaan atau pekerjaannya. Dia adalah orang yang pertama kali nengok kalau kamu membuat kegaduhan. Kadang-kadang, jangankan membuat kegaduhan, kamu bolak-balik halaman buku aja  dia udah melototin kamu. Kalo kamu sampe ketawa-ketawa di dalem perpustakaan, dia bakal neriakin kamu “berisik” trus nimpuk kamu pake bolpen. Kalo ada yang mau wawancara dia karena dia menang lomba puisi dia gak bakal mau karena dia “barusan baru ngelempar bolpen ke orang yang berisik dan dia gak mau bolpen itu balik ke dia karena dia berisik”. Saran MBDC, sebaiknya kamu tidak usah berinteraksi dengan si serius ini di dalam perpustakaan. Jauh-jauh aja lah.

 

2. Si Baca-Baca Aja

Jenis ini sering ditemui di perpustakaan-perpustakaan yang nyaman. Mereka biasanya lebih nyantai daripada si serius.Kalau kamu ribut-ribut sedikit, dia nggak akan bereaksi lebih banyak dari si serius. Si baca-baca aja nih bisa diidentifikasi dengan melihat bacaan yang dia pegang. Biasanya sih bacaannya cenderung lebih santai, seperti misalnya koran, majalah, atau komik. Intinya dia ada di situ bukan untuk urusan serius lah.

 

3. Si Numpang Internetan

Di era modern ini, perpustakaan biasanya juga memiliki fasilitas internet gratis. Hal ini disebabkan karena perpustakaan biasanya juga merupakan tempat riset yang paling bisa diandalkan dan untuk riset, buku saja tidak cukup dan internet bisa sangat membantu. Nah, demi memotong pengeluaran, ada sekelompok orang yang memilih untuk internetan di perpustakaan aja. Mereka bisa menggunakan komputer-komputer yang sudah disediakan, tapi bisa juga membawa laptop sendiri. Tapi biarpun judulnya adalah internet di perpustakaan, belum tentu mereka browsing hal-hal serius lho. 

 

4. Si Deadline Mepet

Si deadline mepet ini dapat kenali dari raut mukanya yang udah rada-rada putus asa tapi masih pengen nyoba ngebut ngerjain gimanaaaa gitu. Dia juga dikenal sering membolak-balik halaman bacaannya. Kalau dia menggunakan laptop dan mengetik sesuatu, kecepatan mengetiknya biasanya diatas rata-rata namun dibarengi dengan memencet “backspace” dengan tempo yang sangat cepat pula. Biasanya Si Deadline Mepet ini adalah para mahasiswa yang mau skripsi atau lagi banyak tugas aja.
Jika kamu mendapati si deadline mepet ini di perpustakaan kamu, ada baiknya kamu bantu dia. Siapa tau sedikit waktumu dapat menyelamatkan dirinya dari dunia per-deadline-an yang memang tidak kenal ampun.

 

5. Si Numpang Ngadem

Ini adalah orang-orang yang bener-bener gak jelas kegiatannya di dalem perpustakaan. Jadi begini. Perpustakaan biasanya adalah tempat yang adem, apalagi di kampus-kampus. Selain itu, di perpustakaan juga banyak tempat dimana kamu bisa duduk-duduk gratis tanpa harus beli makanan dan minuman. Nah, inilah yang dimanfaatkan oleh para tukang ngadem ini. 
Mereka gak pengen baca buku atau ngerjain tugas sih. Mereka lagi pengen ngadem aja. Biasanya ini mereka lakukan kalo lagi nungguin jam kuliah yang kosong atau lagi nungguin temen. Biasanya mereka akan memenuhi meja-meja dan sudut perpustakaan, tapi sama sekali gak pegang buku. Kegiatan mereka adalah main HP, ngobrol, atau malah tidur.

Nah, kamu termasuk yang mana nih?

munsypedia.blogspot.com 

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments