7 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Kamu Awet Muda

7 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Kamu Awet Muda

Jika seseorang telah memiliki wajah yang kusam dan keriput meski usianya belum terlalu tua, mungkin ada yang salah dengan kebiasaannya sehari-hari.Kebiasaan yang tidak sehat dapat menyebabkan penuaan dini, sehingga mulailah mengubah kebiasaan Anda dari sekarang agar tetap awet muda.

7 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Kamu Awet Muda


Berikut 7 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Kamu Awet Muda seperti dilansir besthealth, antara lain:


1. Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu dimana tubuh melakukan penyembuhan dan perbaikan. Sehingga mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk meningkatkan fungsi kelenjar adrenal.

Kurangnya tidur dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan lebih rentan sakit. Selain itu, waktu tidur yang tidak mencukupi dapat membuat wajah tampak kusam dan berjerawat yang memperburuk penuaan.

Salah satu faktor pemercepat penuaan yang paling dominan adalah stres. Tidursebanyak 8 jam sehari dapat meredakan stres dan mencegah penuaan dini.


2. Mencari udara segar dan bebas polusi

Polusi udara adalah salah satu penyebab masalah kesehatan, termasuk mempercepat penuaan. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari udara segar seperti dengan bersepeda atau berjalan-jalan di sekitar taman yang ditumbuhi pepohonan rindang.

Akan tetapi polusi dalam ruangan juga sama buruknya dengan udara luar, misalnya udara dalam rumah yang terpapar bahan kimia untuk membersihkan rumah. Bukalah jendela rumah Anda agar sirkulasi udara dan sinar matahari di dalam rumah dengan lingkungan luar semakin lancar.

3. Berolahraga dengan tingkat sedang

Olahraga dapat mencegah penuaan dengan cara melancarkan metabolisme tubuh dan sirkulasi darah. Darah membawa nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk meremajakan diri. Sehingga Anda perlu berolahraga agar tetap awet muda.

Mulailah kebiasaan berolahraga dengan tingkat yang ringan terlebih dulu seperti berjalan-jalan, kemudian tingkatkan hingga ke tingkat sedang. Tidak perluberolahraga dengan tingkat yang berat, yang paling penting adalah intensitas.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari alkohol

Jika sel-sel tubuh mengalami dehidrasi, seseorang akan lebih cepat keriput. Jangan biarkan tubuh merasa kehausan dengan minum lebih banyak air atau makan makanan yang kaya air, seperti buah-buahan segar dan sayuran.

Minuman seperti kopi dan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mempercepatpenuaan, sehingga batasi konsumsinya.

5. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sumber gizi dan vitamin yang dapat menjaga keelastisan kulit karena memberikan nutrisi untuk regenerasi sel-sel kulit. Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli dan kubis.

6. Tingkatkan antioksidan

Penuaan juga dapat disebabkan oleh paparan radikal bebas, sehingga Anda perlu meningkatkan asupan antioksidan penangkal radiakal bebas melalui makanan. Makanlah makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran, termasuk buah beri, kacang kenari dan makanan yang mengandung rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis.

7. Tarik napas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam dapat memperluas paru-paru dan membantu sistem saraf beristirahat. Dengan cara ini, tubuh akan mengalami relaksasi, mengurangi stres, dan mencegah penuaan dini.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments