Mengapa Orang Percaya Dengan Hantu ?

Mengapa Orang Percaya Dengan Hantu ?

Mengapa Orang Percaya Dengan Hantu | Un1x Project | Ilmuwan memperkirakan kepercayaan pada obyek supranatural semacam monster atau hantu sudah ada sejak manusia diciptakan. Tapi mengapa manusia percaya pada supranatural.?
Mengapa Orang Percaya Dengan Hantu"Masalahnya sederhana saja mengapa orang mau percaya. Otak manusia selalu mencoba mencari tahu mengapa sesuatu bisa terjadi dan saat alasannya tidak ditemukan kita cenderung membuat penjelasan yang aneh," kata Brian Cronk profesor psikologi di Missouri Western State University AS.

Pada penelitian 2006, peneliti mendapatkan hasil yang mengejutkan. Kelompok manusia yang paling terpelajar yaitu mahasiswa juga percaya sihir, telepati atau komunikasi dengan orang yang sudah mati. Mereka juga percaya rumah bisa dihuni hantu.

Ilmuwan memperkirakan kepercayaan pada supranatural itu sudah ada sejak manusia diciptakan. "Walaupun sulit untuk pasti, tapi kecenderungan untuk percaya pada paranormal sudah muncul dari zaman dulu. Apa yang berubah adalah isinya. Misalnya saja kini tinggal sedikit orang yang percaya pada peri. Tapi saat kepercayaan pada peri memudar, kepercayaan pada UFO semakin tumbuh," kata Christopher Bader, sociologis Baylor.

"Itu merupakan kemampuan otak untuk mencari tahu penyebab dan dampaknya. Kemampuan untuk memperkirakan masa depan itu membuat manusia makin pintar, tapi juga memiliki efek samping misalnya saja percaya pada paranormal," kata Cronk.

"Manusia mulai percaya pada supranatural karena mencoba mencari tahu yang tidak bisa dijelaskan. Ini prosesnya sama dengan kemunculan mitos. Pada saat manusia tidak paham mengapa matahari terbit tiap hari, akhirnya menyimpulkan karena ditarik ke segala penjuru surga dengan kereta kuda," kata Benjamin Radford, penulis buku mengenai paranormal.

Kepercayaan itu muncul sebelum ilmu modern bisa menjelaskan. Radford mencontohkan, manusia tidak paham bagaimana penyakit bisa menular dari orang ke orang. Mereka tidak tahu bagaimana bayi mati saat lahir, atau mengapa bisa terjadi kekeringan. Manusia akhirya percaya hal itu disebabkan oleh supranatural," katanya.

"Semua lapisan masyarakat menggunakan supra natural untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dipahami. Bahkan untuk saat ini orang percaya bencana atau nasib buruk disebabkan oleh sihir atau kutukan," kata Radford

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments