11 Kehebatan Sepak Bola Indonesia Di Mata Dunia

11 Kehebatan Sepak Bola Indonesia Di Mata Dunia

11 Kehebatan Klub Sepak Bola Indonesia Di Mata Dunia | Un1x Project | Sobat pasti sudah penasaran, langsung aja disimak...

1. Indonesia merupakan wakil Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia FIFA, tepatnya pada Fifa World Cup 1938 dengan nama Hindia Belanda.

2. Gol terbaik Asia tahun 1996 adalah milik Indonesia, yaitu gol spektakuler Widodo C. Putro saat melawan Kuwait di Piala Asia 1996.

3. Stadion Gelora Bung Karno sempat termasuk dalam 10 stadion terbaik di Asia.

4. Ronny Pasla, kiper Indonesia pernah menahan tendangan pemain legendaris dunia, Pele, saat Timnas Brazil tur ke Asia termasuk Indonesia pada 1972.

5. Pemain Indonesia, Rochy Putiray, berhasil 2 kali membobol gawang AC Milan yang dikawal kiper utama Brazil saat itu, Dida. Saat itu Rochy Putiray membela klub Hongkong, Kitchee, saat mengalahkan AC Milan 2-1 dalam laga persahabatan

6. Klub Lokal Indonesia, Niac Mitra Mengalahkan Arsenal 2-0 pada 16 Juni 1983 di Surabaya.

7. Bola dan sepatu buatan Indonesia digunakan untuk Piala Dunia. Bola dibuat oleh PT Sinjaraga Santika Sport di Kabupaten Majalengka. Sedangkan sepatu sport merek Mizuno asal Jepang ternyata buatan PT Panarub Dwikarya, Tangerang.

8. Uang koin pecahan Rp 2.000 keluaran Bank Indonesia pernah dipakai pada final Piala Dunia tahun 1974 sebelum kick off, guna menentukan siapa pemegang bola. Koin itu hanya tersedia tiga buah, dan dana penjualannya untuk penyelamatan hewan langka di Indonesia.

9. Kompetisi Galatama Indonesia (bergulir 1979-1994) konon merupakan pionir dalam ranah pengelolaan sepak bola yang profesional di kawasan Asia. Saat itu J-League belum ada, bahkan sepak bola belum lagi menjadi olah raga di Jepang.

10. Pada tahun 2006 Indonesia berhasil sebagai juara 4 dari 32 negara di Piala Dunia Danone U-12. Irvin Museng dari Indonesia berhasil menjadi topskor dengan 10 gol yang kemudian bergabung dengan Ajax junior. Pada tahun 2010 Indonesia meraih posisi 6.

11. Pemain keturunan Indonesia, Giovanni van Bronckhorst menjadi kapten tim Belanda dan berhasil mencapai babak final Piala Dunia. Ibunya adalah orang Saparua, Maluku.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments