Tikus Bisa Batuk Seperti Manusia ?

Tikus Bisa Batuk Seperti Manusia ?

Tikus merupakan hewan yang banyak ditemui di rumah-rumah. Bahkan jika Anda tidak berniat memelihara tikus, hewan tersebut akan muncul dengan sendirinya. Namun tahukah Anda kalau tikus ternyata bisa batuk juga seperti manusia?

Dalam waktu yang lama, masih belum diketahui apakah tikus juga bisa batuk seperti manusia. Oleh karena itu, para ilmuwan Guangzhou Medical College di Cina kemudian meneliti 40 tikus yang berada di dalam plethysmograph, sebuah perangkat untuk mengukur volume tubuh, dan diujicobakan dengan zat capsaicin (bahan aktif pada cabai).

Menggunakan mesin tersebut dan mikrofon kecil, ilmuwan dapat mendeteksi ‘suara ledakan’ yang terjadi bersama pergerakan tertentu di kepala tikus. Ilmuwan mengetahui bahwa batuk tikus ditandai dengan bagian perutnya yang menyentak serta mulutnya yang terbuka.

Setelah tahu kalau tikus itu bisa batuk, tikus-tikus tersebut kemudian diberikan obat pereda batuk, dan tikus-tikus itu hampir berhenti batuk berkat obat pereda batuknya. Dengan demikian, ilmuwan bisa lebih mengembangkan lagi obat pereda batuk khusus tikus. Semoga saja di masa depan akan ada obat anti batuk untuk manusia.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments