Vampir Gentayangan Siapkan Bawang Putih

Vampir Gentayangan Siapkan Bawang Putih

Siapkan bawang putih dan salib kayu kecil sebelum berkunjung ke Zarozje di Serbia. Beredar rumor, vampir pengisap darah tengah mencari mangsa di kota kecil yang diapit pegunungan dan hutan lebat tersebut.

Pemerintah lokal meminta warga mengantongi bawang putih di saku dan menggantung salib kayu di rumah untuk menangkal vampir meski tampaknya rumor itu disebarkan untuk menarik lebih banyak turis ke wilayah miskin yang berbatasan dengan Bosnia-Herzegovina itu.

Sebagian besar warga sadar bahwa kisah Sava Savanovic, vampir paling populer di Serbia, hanyalah dongeng. Namun, tak ada salahnya siaga daripada digigit makhluk itu. ”Cerita tentang Sava adalah legenda. Tetapi, hal-hal aneh terjadi di sini di masa lalu. Kami mewarisi legendanya dari nenek moyang kami dan meneruskannya kepada anak cucu,” kata Milka Prokic (55), seorang ibu rumah tangga.

Pendatang mungkin menertawakan ketakutan warga, tetapi mereka benar-benar percaya. ”Lima orang meninggal berturut-turut di desa kami, salah satunya menggantung diri. Ini bukan kebetulan,” ujar Miodrag Vujetic, anggota dewan kota. Benar atau tidak soal Sava Savanovic, warga seharusnya memanfaatkan legenda itu untuk mempromosikan kota mereka. ”Jika Romania mendapat keuntungan dari turis karena legenda Pangeran Drakula, kenapa kita tidak melakukannya dengan Sava?” katanya.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments