WANITA Yang Biasa BACA Buku dan Nonton TV TERBALIK

WANITA Yang Biasa BACA Buku dan Nonton TV TERBALIK



Apa jadinya jika seseorang melihat dunia yang terbalik? Ini bukanlah sebuah kiasan karena Bojana Danilovic benar-benar mengalaminya. Bahkan, perempuan berusia 28 tahun dari Serbia ini menjalaninya dalam kehidupan sehari-hari. Bojana memang terlahir dengan kemampuan unik.
Kemunculannya di dunia pun dalam kondisi terbalik. Umumnya, kaki seorang bayi yang sedang dilahirkan akan muncul terlebih dahulu. Namun tidak bagi Bojana. Bahkan, masa-masa pertumbuhannya pun serba terbalik. Menurut penuturan orang tuanya, Bojana kecil belajar merangkak dengan arah terbalik. Hal itu terus berlanjut saat dia mulai belajar berjalan. Akibat cara berjalan yang tidak wajar, sang ibu sempat berhenti dari pekerjaan hanya untuk mengajari Bojana Danilovic untuk berjalan dengan arah normal.

Setelah berkali-kali dilatih, Bojana Danilovic akhirnya bisa melangkah dengan benar. Tapi itu hanyalah awal dari keunikan-keunikan lain tepat ketika ia mulai belajar di sekolah. Tidak seperti anak-anak lainnya yang belajar menulis dari arah kiri ke kanan. Bojana Danilovic justru membalik buku tulisnya dan menulis dari pojok kanan bawah lalu berakhir ke bagian kiri atas. Para guru dan teman-temannya berusaha mengajarkan cara menulis yang sewajarnya. Namun itu sia-sia karena Bojana hanya bisa membaca dan menulis dari sudut penglihatan matanya.

Di rumah, ia memiliki TV pribadi karena keluarganya tak mungkin mengikuti cara melihatnya. Begitu pun saat dia menggunakan hape atau membaca surat kabar. Semua dipegang secara terbalik. Tak jarang gadis ini sering ditegur oleh orang-orang yang mengiranya salah baca. Ketika dia mendapat pekerjaan di sebuah kantor pemerintah yang berlokasi di Uzice, banyak rekan-rekan kerjanya yang terkejut saat dia membalik keyboard dan layar monitor.
Keunikan gadis ini menarik perhatian beberapa ilmuwan dari Harvard dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, kondisi Bojana dinyatakan sehat.

Ia bahkan tidak mengalami gangguan apa pun di otak. Menurut para ahli, kondisi tersebut disebut ‘fenomena orientasi spasial’, ketika sepasang mata melihat dengan normal, namun diubah sedemikian rupa oleh kinerja otak. Namun para ahli belum menemukan penyebab mengapa sistem kerja otak Bojana bekerja seperti itu. Untuk mengatasi permasalahan penglihatan Bojana, para ilmuwan menawarkan sebuah software yang memungkinkan supaya dia tidak usah membalik layar monitor.

Bagi Bojana, keadaan yang dialaminya mungkin dianggap luar biasa oleh orang lain. Namun dia merasa normal dengan cara melihatnya. Bagaimana pun juga, mungkin ada satu masalah yang harus dihadapi karena dia tak bisa mendapatkan surat ijin mengemudi

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments