10 Cara untuk MEMPERTAJAM Indra PERASA

10 Cara untuk MEMPERTAJAM Indra PERASA

 
Jakarta, Seseorang yang memiliki masalah terhadap kemampuan indra perasanya, mungkin dirinya tidak menerapkan diet yang sehat. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang melakukan diet sehat dapat memiliki indera perasa yang tajam.

Berikut adalah 10 cara untuk mempertajam indra perasa, seperti dilansir besthealth, antara lain:

1. Sajikan makanan secara alami
Sajikan makanan yang Anda masak dengan cara alami dan hindari penyajian yang terlalu mewah. Jika Anda memasak ikan, buatlah penyajiannya agar tetap tampak seperti ikan. Indera perasa akan bertambah kuat jika otak dapat menghubungkan antara apa yang Anda lihat dengan apa yang Anda makan.

2. Tetap terhidrasi
Minum segelas air setiap jam atau setidaknya 8 gelas sehari dapat mencegah mulut terlalu kering. Mulut yang kering karena pengaruh konsumsi obat atau dehidrasi dapat mempengaruhi indera perasa.

3. Kurangi makanan yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi
Makanan olahan mengandung gula dan garam dalam jumlah tinggi yang dapat mengganggu fungsi indera perasa. Periksalah label gizi pada kemasan makanan, jika makanan tersebut mengandung lebih dari 200 mg sodium per porsi, beralihlah ke merek yang lebih rendah garam. Demikian pula berlaku pada kadar gula dalam makanan.

4. Penuhi kebutuhan zat seng
Makanlah makanan yang mengandung zat seng seperti pada tiram. Kekurangan seng berkontribusi pada hilangnya kemampuan mengenali bau serta rasa.

5. Menunggu sampai lapar
Makanlah hanya ketika Anda merasa lapar. Indra penciuman dan perasa akan bertambah kuat jika Anda merasa lapar dan akan lebih mengenali segala jenis bau dan rasa.

6. Makan bersama
Studi menemukan bahwa makan di hadapan orang lain membuat rasa makanan lebih baik daripada makan sendirian.

7. Bumbui masakan dengan rempah-rempah
Tambahkan bumbu rempah-rempah ke dalam masakan Anda untuk membuat syaraf indra perasa terbiasa dengan rasa yang kuat. Gunakan rempah-rempah seperti cabe, ketumbar, kunyit dan lain sebagainya untuk menghidupkan rasa makanan.

8. Mengunyah makanan secara menyeluruh
Kunyahlah makanan secara perlahan dan menyeluruh. Hal ini dapat membuat makanan melepaskan lebih banyak rasa dan memperpanjang waktu makanan dalam mulut, sehingga menghabiskan lebih banyak untuk melakukan kontak dengan saraf indra perasa.

9. Memvariasikan makanan
Ketika ada beberapa jenis makanan di atas piring Anda, alih-alih makan steak sekaligus, selingilah dengan makan kentang atau buncis. Dengan memvariasikan aroma dan rasa makanan, dapat membuat saraf perasa dan penciuman Anda tidak mudah bosan.

10. Hindari makan makanan yang terlalu panas
Hindari makan makanan yang sangat panas karena dapat merusak indera perasa Anda.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments