Kini INTERNET Dapat Di AKSES Dengan Panel SURYA

Kini INTERNET Dapat Di AKSES Dengan Panel SURYA


Dengan semakin meningkatnya kualitas teknologi dan sumber daya yang ada kini segala sesuatu hal yang dianggap mustahil pun bisa menjadi kenyataan. Mungkin pernah sempat terpikir untuk mencari alternative lain agar dapat mengakses internet selain yang anda gunakan saat ini. Mungkin pada saat itu cukup sulit untuk menemukan alternative tersebut, namun saat ini mulai muncul sebuah penemuan terbaru yaitu anda dapat mengakses internet dengan bantuan panel surya matahari atau solar panel. Teknologi ini dapat dipergunakan untuk beberapa wilayah terpencil yang masih belum memiliki infrastuktur jaringan internet dan jaringan listrik yang memadai.


Tim peneliti yang berasal dari Universiy of Edinburgh, Inggris , mengungkapkan bahwa saat ini tengah mengembangkan teknologi yang memungkinkan sebuah panel surya dapat menangkap sinyal broadband yang kemudian ditransmisikan ke data Wrld Wide Web (WWW). Selain itu penemuannya ini pun dapat menyimpan data cloud dan juga dapat dijadikan sebagai energi surya untuk pengisi daya.

Sistem teknologi ini pun sudah dibuat dalam sebuah bentuk prototype dan juga telah dipamerkan pada ajang Edinburgh International Science Festival. Perangkat ini diklaim dapat menghasilkan kecepatan data sekitar 7 Mbps atau setara dengan standar kecepatan HDSPA saat ini. Teknologi ini bermula dari penelitian teknologi Li-Fi yang sebelemunya telah dirilis dan dikembangkan juga oleh tim University of Edinburght. Teknologi penggani Wi-Fi ini mampu mengirimkan data hanya dengan memanfaatkan pancaran sinar lampu LED. Jadi bisa disimpulkan bahwa teknologi power solar ini merupakan pengembangan dari sinar LED yang sebelumnya hanya mampu mencakup wilayah sebesar satu ruangan standar saja.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments