Misteri HERACLEION Kota Bawah LAUT Mesir

Misteri HERACLEION Kota Bawah LAUT Mesir

 
Inilah kota legendaris yang tenggelam di dasar Laut Mediterrania 1.200 tahun silam. Kota ini berabad-abad hanya menjadi legenda, sebelum akhirnya ditemukan pada tahun 2000.


Thonis-Heracleion. Inilah kota legendaris yang tenggelam di dasar Laut Mediterrania 1.200 tahun silam. Kota ini berabad-abad hanya menjadi legenda, sebelum akhirnya ditemukan pada tahun 2000.

Dikutip Dream dari laman Mirror, Selasa 25 November 2014, kota ini ditemukan dalam sebuah survei di pantai utara Mesir. Sejak awal abad ke-21 itu, peneliti sedikit demi sedikit menguak bagian demi bagian kota yang penah hilang itu.
Arkeolong bawah laut, Frank Goddio, dan timnya menemukan kota ini setelah melakukan penelitian selama tiga tahun. Menurut dia, penemuan ini merupakan awal untuk mengungkap Kota Thonis-Heracleion secara utuh.
“Kita mungkin harus melanjutkan pekerjaan ini untuk 200 tahun mendatang untuk memunculkan dan memahami Thonis-Heracleion secara utuh,” tutur Goddio.

Salah satu temuan terbaik dari Teluk Aboukir ini adalah patung Ratu Ptolemaic yang terbuat dari batu gelap. Patung ini diduga sebagai representasi dari Cleopatra II atau III, yang berpakaian Dewi Isis.
Damian Robinson, ilmuwan dari Oxford University, mengatakan kota ini luar biasa. “Kami sekarang mulai melihat beberapa daerah yang lebih menarik di dalamnya untuk mencoba memahami kehidupan di sana,” tutur Robinson.
“Kami mendapatkan gambaran kekayaan kota ini, seperti perdagangan yang terjadi di sana dan sifat dari ekonomi maritim di periode akhir Mesir,” tutur dia.

Para arkeolog telah menemukan 64 kapal, koin emas, dan patung raksasa berukuran 16 kaki. Batu bertuliskan huruf Yunani dan Mesir kuno juga telah diangkat ke permukaan.
Selain itu juga ditemukan patung Hapi, dewa masyarakat Mesir kuno. Patung ini berukuran 5,4 meter dan terbuat dari granit. Batu Dewa Banjir Sungai Nil ini merupakan patung terbesar yang pernah ditemukan, sehingga tempat ini diduga sebagai wilayah yang sangat penting pada zaman dulu.

Sebelum menghilang, kota ini berada di mulut delta Sungai Nil. Hingga kini para ilmuwan masih belum tahu pasti apa yang menyebabkan kota yang dibangun pada abad ke-8 sebelum Masehi ini tengelam sekitar 1.200 tahun silam.
Namun salah satu teori menyebut kota ini tenggelam karena terjadi rob atau naiknya air laut ke daratan. Ditambah lagi amblesnya sedimen yang menopang kota ini hingga 12 meter. Teori lain menyebut kota ini musnah karena terjadi bencana alam lain.
Kota ini diyakini sebagai tempat terdamparnya Paris dan Helen of Troy karena melarikan diri dari kejaran Menelaus yang dibakar api cemburu, sebelum dimulainya perang Troya.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments