RAWA KERING Di Aceh Jadi DANAU Dalam SEMALAM

RAWA KERING Di Aceh Jadi DANAU Dalam SEMALAM


Fenomena munculnya danau yang sebelumnya merupakan rawa-rawa kering kerontang membuat geger warga Cot Girek, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Peristiwa aneh itu berlangsung hanya semalam, sebab sehari sebelumnya lokasi itu sama seperti biasanya yakni tidak memiliki air. Kini rawa-rawa seluas 4 hektar yang berada sekitar 30 kilometer dari pusat kota Lhoksukon dipenuhi warga yang penasaran.

Meski demikian, warga belum mengetahui darimana sumber air itu berasal. Sepekan ini ratusan warga berbondong-bondong memadati tempat itu untuk mencari jawaban.

"Ini memang benar-benar terjadi bukan rekayasa," kata seorang warga setempat, Abdullah Ali (50), dilansir dari Merdeka, Senin (19/1). Abdullah menambahkan, rawa-rawa itu merupakan tanah kering yang ditanami pohon sawit. Saat ini pohon sawit itu berusia 3 tahun dengan tinggi sekitar 3 meter.

"Sehari sebelum jadi danau kecil, lahan ini masih rawa semak belukar. Dan sebagian ditanami sawit. Kondisinya benar-benar masih kering," jelas Abdullah.

Sementara itu, tokoh setempat bernama Radikum mengaku sempat mencium bau amis sebelum rawa kering itu menjelma menjadi danau penuh air dalam sekejap.

"Sempat tercium bau yang sangat amis ketika pertama kali saya melihat langsung fenomena ini. Siapa sangka jika rawa tiba-tiba berubah menjadi danau kecil," tutupnya. Terkait kejadian ini, pemerintah setempat belum memberikan keterangan dan menerjunkan tim untuk meneliti secara ilmiah.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments