5 BELA DIRI Paling UNIK DI Dunia

5 BELA DIRI Paling UNIK DI Dunia

Ada banyak gaya, aliran dan teknik unik dalam seni bela diri di berbagai penjuru dunia. Beberapa terlihat sederhana, taktis, indah bagai tarian namun ada pula yang keras dan terkesan brutal. Namun olahraga yang satu ini banyak digemari dan dilakoni. Berikut 5 seni bela diri yang unik di dunia:


1. Okichitaw



Okichitaw merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari suku pribumi Amerika Serikat. Meskipun tidak bisa dikatakan asli karena berasal dari berbagai unsur bela diri yang lain. Okichitaw ditemukan oleh George J. Lepine, seorang praktisi yudo, taekwon do dan hapkido. Ia kemudian meramu bela diri tersebut dengan menggunakan senapan laras panjang, juga menggunakan teknik melempar tomahawk (tombak). Dengan perpaduan tersebut maka okichitaw merupakan seni bela diri khas pejuang suku Indian.

Secara praktis, teknik dan gerakan okichitaw lebih menyerupai aikidon meskipun didominasi dengan menggunakan senjata seperti pisau, tombak dan senapan.


2. Kalari Payat



Seni bela diri yang satu ini berasal dari India bagian selatan, Kerala. Di kawasan Hindustan, kalari payat dikenal sebagai seni bela diri tertua. Bahkan berdasarkan legenda, kalari payat diciptakan oleh dewa Wisnu. Teknik yang dimiliki kalari payat beragam mulai dari kuncian hingga menggunakan senjata. Tujuan utama dari kalari payat adalah melumpuhkan lawan dengan efektif dan efisien baik dengan menggunakan senjata maupun tangan kosong. Salah satu tekniknya adalah Marma, yakni menyerang bagian tubuh vital lawan. Berdasarkan kalari payat setiap manusia memiliki 108 titik syaraf yang bisa dilumpuhkan.


3. Systema



Systema merupakan salah satu bela diri yang berasal dari Rusia, olah raga ini wajib dikuasai oleh kalang elit militer Rusia yakni Spetsnaz. Seperti umumnya seni bela diri lainnya, systema bertujuang untuk melumpuhkan musuh lebih cepat dan tepat. Systema memfokuskan serangan pada semua bagian tubuh yang vital seperti siku, leher, lutut, pinggang, mata kaki dan bahu. Maka tidak heran jika systema memiliki banyak teknik kuncian dan bantingan. Untuk itulah para praktisinya diwajibkan memiliki stamina dan tubuh yang kuat.


4. Dambe



Dambe merupakan seni bela diri tinju tradisional dari Mesir. Seni bela diri yang mematikan ini dikembangkan oleh masyarakat Hausa dari Afrika Barat yang bermigrasi ke berbagai tempat termasuk Mesir. Uniknya, di dalam dambe para petarung memiliki satu tangan yang dilapisi oleh kain kanvas dan besi atau kayu di bagian kepalan. Maka tidak dibayangkan kerasnya pukulan yang dilayangkan ke tubuh lawan. Bukan itu saja bagian kaki mereka pun dilapisi logam, sehingga mampu menahan serangan sekaligus menyerang lawan dengan dampak kerusakan hebat.
Satu lagi keunikan dari seni bela diri Mesir ini, para atletnya memiliki ritual menghisap ganja sebelum bertanding.


5. Lerdrit



Sementara lerdrit merupakan perkembangan dari seni bela diri tinju tradisional Thailand. Bela diri yang satu ini diterapkan kepada anggota pasukan kerajaan Thai. Prinsip dasar dari lerdrit hampir sama dengan Muay Thai dan Muay Boran. Para petarung dilatih untuk dapat menyerang dan mengalahkan lawan dengan cepat. Untuk itu para petarung lerdrit menggunakan semua bagian tubuh yang keras untuk menjatuhkan lawan. Siku, lutut dan lainnya, karen lerdrit bukan hanya seni bela diri untuk melumpuhkan saja melainkan mematikan lawan.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments