PANTAI Ini Bisa PINDAH Tempat

PANTAI Ini Bisa PINDAH Tempat


Bayangkan, suatu pantai bisa pindah tempat dari awalnya menjorok di bagian belakang pulau, menjadi menjorok di bagian depannya. Pantai seperti itu, bisa jadi hanya ada di Pulau Tinabo Besar di Takabonerate.
Ketika mendaratkan kaki di Pulau Tinabo Besar, yang menjadi 'pintu masuk' Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan, saya terkesima dengan pemandangan di sebelah kiri bagian belakangnya. Ada pasir pantai yang menjorok ke lautan bagaikan suatu tanjung. Cantik sekali!
Quote:
"Nah mas, itu (pasirnya) menjorok di bagian belakang. Nanti, dia bisa pindah jadi menjorok di bagian depan pulau ini," ujar Kepala Taman Nasional Takabonerate, Yusman sembari menunjuk pantainya.
Yusman menambahkan, itulah salah satu fenomena yang bisa traveler temui di Takabonerate. Mengapa bisa begitu? Karena disebabkan oleh arus laut, gelombang dan angin yang kencang.

"Biasanya 6 bulan sekali. Coba nanti ke sini lagi beberapa bulan mendatang, sudah pindah deh," katanya.
Luas Pulau Tinabo Besar mencapai 5 km persegi. Pulaunya memiliki penginapan yang sebenarnya merupakan rumah polisi hutan. Ketika ada turis yang mau menginap, bisa bermalam di sana.
Kembali ke soal pantainya, saya langsung berjalan ke arah pantai yang bentuknya menjorok tersebut. Ah, benar-benar cantik. Andaikan ada bangku kayu yang panjang di sini, bisa jadi tempat bersantai yang sempurna!

"Perairan pantai di sini juga jernih. Takabonerate sudah mulai terkenal sejak 5 tahun ke belakang ini," tutup Yusman.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments