KAPAL Tenggelam 116 Tahun Ditemukan Utuh

KAPAL Tenggelam 116 Tahun Ditemukan Utuh

Kalau kalian pernah menonton film 'PIRATE OF THE CARIBBEAN' pasti pada ingat dengan kapal berhantu-nya kan? Nah, kali ini kapal hantu seperti di film tersebut benar-benar ditemukan di dasar Danau Michigan, Amerika Serikat.

Kapal tersebut masih dalam keadaan baik meski sudah tenggelam selama 116 tahun lho. Apalagi, pada bagian dalam ruangannya kaca dan jendelanya masih saja terlihat utuh. Kapal api atau uap ini ditemukan oleh tim peneliti dari the Michigan Shipwreck Research Association off the coast of Muskegon setelah pencarian dimulai dari bulan lalu dengan bantuan sistem pencarian sonar.

Bangkai kapal yang ada di kedalaman 111 meter ini mungkin bisa dibilang kuat atau bahkan aneh. Sebabnya, dengan lamanya waktu tenggelam kondisi kapal ini hanya tertutup dengan karat dan lumut saja, seperti dilansir melalui Mirror.
Penampakan kapal sebelum dan sesudah tenggelam

KAPAL Tenggelam 116 Tahun Ditemukan Utuh
KAPAL Tenggelam 116 Tahun Ditemukan Utuh

Menurut ketua lembaga Craig Rich mengatakan bahwa tidak banyak yang hilang dari bagian kapal tersebut. Tiang dan lampu saja masih tetap berdiri. Menurutnya, posisi jangkar saja tidak banyak berubah. Dan satu-satunya yang hilang dari bagian kapal tersebut hanya cerobong asap-nya saja.

Kapal yang dulunya milik Kapten Edward Gifford Crosby bernama the Moran ini tenggelam pada tanggal 02 Februari tahun 1899. Pemilik kapal yang juga diketahui meninggal dalam tragedi Titanic ini punya luas sebesar 65 meter persegi. Konon, kapal ini hanya bertahan selama 11 tahun saja, di mana pada tragedi tenggelamnya itu sedang mengangkut tepung, pakan ternak, kacang polong, minyak kue dan beberapa barang kebutuhan pokok lainnya.

KAPAL Tenggelam 116 Tahun Ditemukan Utuh


Tragedi tenggelamnya kapal juga kurang lebih sama dengan yang dialami Titanic yang gundukan es melubangi kapal sampai membanjiri bagian dalamnya. Kapten John McLeod yang memimpin pelayaran tersebut meminta 24 awak kapal untuk naik ke sekoci. Beruntungnya, tak lama kemudian awak-awak tersebut tertolong oleh kapal api lain yang mendengar peluit minta pertolongan. Wah, walau tidak di tengah laut tapi kapal juga berpotensi tenggelam juga di wilayah danau yang besar seperti danau Michigan ini.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments