MISTERI Batu TERBAKAR di Turki

MISTERI Batu TERBAKAR di Turki


Bebatuan di kaki gunung ini terus mengeluarkan api tanpa pernah padam dan hal ini telah berlangsung selama 2500 tahun lalu.
Sekitar 80 km sebelah barat daya dari ibu kota Provinsi Turki "Antalya", bersebelahan dengan kota Cıralı di sebelah barat daya Turki, Bebatuan yang terus menyala ini terletak di sebuah gunung yang berbatu dan didalam bebatuan itu terus mengeluarkan Api yang berkobar - kobar selama ribuan tahun lamanya.

Sekitar Puluhan titik Kobaran api itu membakar di bagian samping gunung, penyebabnya ialah api itu disulut oleh gas metana yang bermasalah yang lewat melalui lubang ventilasi. Penduduk Turki menyebut Batu Terbakar itu dengan sebutan Yanartas, dan mereka memperkirakan bahwa api itu telah menyala selama 2500 tahun lamanya. Lubang ventilasi tersebut merupakan emisi terbesar dari gas metana abiogenic yang ditemukan atas tanah sejauh ini.


Selama ratusan tahun yang lalu, para pelaut Turki bisa melihat Kobaran api itu dari laut dan mereka sering memanfaatkannya sebagai tonggak untuk menavigasi arah kapal, tapi saat ini Batu Terbakar itu lebih sering digunakan oleh para pendaki untuk memasak dan menyeduh teh atau sebagai penghangat disaat cuaca dingin.

Kobaran api itu, menurut beberapa literatur kuno, telah melahirkan sebuah mitos tentang Chimera, Menurut Mitos Chimera di gambarkan sebagai binatang bernapas api, dengan tubuh dan kepala berbentuk singa, dan sebuah kepala kambing yang tumbuh dari punggungnya, dan ekor yang ujungnya berupa kepala ular

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments