5 CERITA Mistis Hoax yang Sempat Gemparkan Indonesia

5 CERITA Mistis Hoax yang Sempat Gemparkan Indonesia

Meski merupakan negara yang percaya akan adanya Tuhan, namun Indonesia sangat dekat dengan hal-hal berbau mistis. Mayoritas Warga Negara Indonesia menganut agama, namun cepat sekali panik dan heboh jika menyangkut segala sesuatu yang berbau mistis. Tidak heran jika tayangan mistis di televisi ratingnya tinggi, karena hal mistis memang jadi konsumsi sehari-hari rakyat Indonesia.
Meskipun cerita tersebut baru sekadar desas-desus dan kabar burung saja, namun orang Indonesia cepat sekali panik dan menyebarkan cerita yang belum tentu benar itu. Akhirnya, kepanikan pun meluas tanpa bisa dikendalikan. Berikut adalah beberapa berita mistis hoax yang sempat menghebohkan Indonesia.

1. Mister Gepeng
Cerita Mister Gepeng adalah cerita yang sangat heboh di era 1990-an. Cerita ini beredar dari salah satu sekolah di Jakarta. Disebutkan bahwa terdapat seorang pria yang tewas akibat terjepit lift dan meninggal dalam keadaan gepeng.

[​IMG]
Sejak saat itu, Mister Gepeng digosipkan sering mengganggu siswi-siswi yang pergi ke toilet sendiri. Sejak itulah timbul kebiasaan para siswi yang selalu pergi berdua jika ingin ke toilet. Lucunya lagi, mister gepeng bisa dihubungi lewat telepon 7777777 (tujuh tujuh kali). Baik Mister Gepeng dan nomor teleponnya keduanya adalah hoax belaka.

2. Kolor Ijo
Isu ini adalah isu yang merebak di sekitar tahun 2004. Pada saat itu, memang terjadi banyak sekali kejahatan seksual. Namun, kejahatan seksual satu ini diberi bumbu mistis dengan kemunculan Kolor Ijo.

[​IMG]
Kolor ijo adalah orang yang menjalankan pesugihan dengan memakai celana pendek berwarna hijau. Jika sudah mengenakan celana pendek tersebut, orang itu dikatakan bisa menjadi kasat mata dan leluasa merampok rumah seseorang. Dia juga memerkosa wanita yang ada di dalam rumah targetnya. Sempat masuk ke salah satu media besar, akhirnya diketahui bahwa kolor ijo hanyalah sebuah isapan jempol belaka.

3. Nenek Gayung
Cerita soal Nenek Gayung beredar di sekitar tahun 2012. Kala itu, dari media seperti broadcast BBM dan sms, timbul desas-desus kemunculan nenek-nenek yang membawa gayung. Konon, siapapun yang bertemu dengan nenek gayung akan meninggal beberapa hari kemudian.

[​IMG]
Ada juga yang menyebarkan gosip bahwa nenek gayung adalah setan yang mencari tumbal untuk pembangunan jalur busway. Saking hebohnya kemunculan nenek gayung ini, cerita ini malah sempat diadaptasi menjadi film layar lebar. Patut kita curigai bahwa isu ini adalah gimmick awal seorang pembuat film agar filmnya mendapat publikasi yang meluas.

4. Kakek Cangkul
Kehadiran nenek tentu tidak lengkap jika tidak ada kehadiran kakek. Maka muncul lagilah desas-desus mistis baru bernama kakek cangkul. Dengan motif yang sama seperti nenek gayung, si Kakek Cangkul adalah kakek tua yang membawa cangkul kemanapun dia pergi. Siapapun yang bertemu dengan Kakek Cangkul tidak diperbolehkan ngobrol dengan yang bersangkutan, kalau tidak, maut akan menjadi ganjarannya.

[​IMG]
Kakek Gayung [ImageSource]
Si kakek akan menggali kubur untuk orang yang bertanya fungsi dari cangkul yang dibawanya. Mungkin si kakek tidak suka sama orang kepo. Bernasib sama dengan Nenek Gayung, kisah tentang Kakek Cangkul juga diangkat ke layar lebar. Memang segampang itulah membuat sensasi dan mengangkatnya ke layar lebar di Indonesia.

5. Kakek Sarung
Tidak puas dengan berita hoax ala Nenek Gayung dan Kakek Cangkul, rakyat Indonesia kembali dihebohkan dengan kehadiran Kakek Sarung. Kakek satu ini terkenal di awal-awal tahun 2015 dengan rumor yang tersebar lewat broadcast BBM. Rumor ini awalnya muncul di Medan dan meluas ke mana-mana, sama seperti dua fenomena sebelumnya.

[​IMG]
Jika Nenek Gayung dan Kakek Cangkul tidak suka ditanya, Kakek Sarung orangnya lebih supel dan suka ngobrol. Dia juga menawarkan sarung yang dibawanya untuk dijual seharga 5-10 ribu. Siapa yang membeli sarung tersebut, akan meninggal keesokan harinya. Kalau sampai Kakek Sarung yang jelas-jelas hoax ini masih muncul juga di bioskop, rakyat Indonesia memang benar-benar haus mistis.

Di saat warga negara lain berlomba-lomba menciptakan inovasi dan bersiap menuju persaingan global, rakyat Indonesia ternyata masih terjebak isu-isu tidak masuk akal seperti ini. Lebih parah lagi, isu ini malah dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuat film. Dan film itu meraup ratusan ribu penonton dengan produksi film yang 'apa adanya'.


Kita hendaknya sadar bahwa menyebarkan berita-berita hoax hanya akan membuat kehebohan dan kepanikan yang tidak ada gunanya. Kepanikan dan kehebohan kita akan dimanfaatkan orang lain, contohnya seperti para pembuat film tadi. Dan siapa tahu kalau gosip-gosip murahan ini hanyalah ciptaan seseorang yang ingin mengalihkan isu?

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments