KIAMAT Akan Terjadi Pada Hari Jum'at

KIAMAT Akan Terjadi Pada Hari Jum'at

[​IMG]
Banyak dari kita yang sering mendengar bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jum’at, tapi apakah hal ini benar? Apa yang menjadi dasar tersebarnya berita ini? Karena memang sesungguhnya dalam Islam sendiri hari Jum’at merupakan sebuah hari yang dinilai paling utama. Banyak terjadi hal-hal besar di hari Jum’at seperti diciptakannya Adam, dan dimasukkannya Adam ke dalam surga. Hari Jum’at juga ternyata merupakan hari dimana Adam dikeluarkan dari surga Allah dan diturunkan ke Bumi.

Kiamat Akan Terjadi Pada Hari Jum’at

Apakah Benar Bahwa Kiamat Akan Terjadi Pada Hari Jumat?
Tidak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi, hal ini diterangkan pada sebuah surat di Al-Qur’an, tepatnya pada surat Al-Ahzab di ayat ke-63. Bunyi dari ayat itu adalah bahwa jika ada manusia yang bertanya kepada nabi Muhammad Rasulullah SAW tentang kapan kiamat akan datang, maka beliau hanya boleh menjawab Allah SWT lah satu-satunya yang mengetahui hal tersebut, mengingat posisi-Nya sebagai Tuhan dan penguasa seluruh alam beserta isi-isinya. Dituliskan juga di ayat yang sama bahwa mungkin saja hari kiamat juga sudah mulai mendekati waktu kedatangannya.

Mengenai kejelasan kiamat di hari Jum’at bisa ditemui pada hadits yang diriwayatkan oleh banyak orang seperti Abu Daud, An Nasai, Ahmad, dan Ibnu Majah yang oleh Syaikh Al Albani dianggap shahih. Bunyi dari hadits tersebut adalah bahwa Aus bin ‘Aus mengatakan, Nabi Muhammad Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai perihal hari Jum’at merupakan hari yang paling utama dibandingkan hari-hari lainnya yang ada. Hal ini disebabkan pada hari itu nabi Adam AS diciptakan, dan nabi Adam juga dicabut nyawanya pada hari itu. Tiupan sangkakala yang pertama dan kedua juga akan dilakukan pada hari yang sama.

Kemungkinan mengenai kiamat akan terjadi pada hari Jum’at juga dituliskan lewat hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, dimana penyampainya adalah Abu Hurairah. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, hari Jum’at merupakan hari terbaik dimana matahari terbit, dan hari kiamat niscaya tidak akan datang kecuali pada hari Jum’at. Hadist ini di mata ulama-ulama dinilai sebagai hadist yang shahih.

Kiamat Akan Terjadi Pada Hari Jum’at? Apa yang Harus Dilakukan?
Ada beberapa hal yang bisa diambil kebaikannya dari hadist-hadist yang mengatakan bahwa ****t terjadi Jum’at, yaitu:
Hari Jum’at harus dipersiapkan sepenuh hati, mengingat hari tersebut adalah hari yang paling mulia. Dengan beribadah di hari Jum’at, seseorang akan mendapatkan banyak amalan dan rahmat dari Allah, dan mereka juga akan terhindar dari murka Allah SWT.
Hadist-hadist di atas tidak melulu membahas tentang kebesaran hari Jum’at, karena beberapa kejadian seperti hari kiamat maupun turunnya Adam dari surga milik Allah adalah sesuatu yang akan terjadi di masa depan, tapi tidak diketahui seorangpun kapan akan terjadi.
Yang diceritakan oleh hadist di atas adalah tentang keistimewaan hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan. Sementara sebenarnya ada lagi hari yang lebih baik derajatnya yaitu sebagai hari terbaik dalam setahun, hari Arafah.
Hari kiamat akan dipercepat tanggalnya demi membalas kebaikan para nabi, wali Allah, dan para shiddiqin. Selain itu, pencepatan datangnya hari kiamat adalah untuk menunjukkan karomah serta kemuliaan yang dimiliki orang-orang tersebut.
Setelah mengetahui hal-hal ini, ada baiknya kita mempersiapkan diri kita untuk menjadi yang terbaik di hari Jum’at, karena ternyata memang kiamat akan terjadi pada hari Jum’at.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments