5 cara perawatan gigi berlubang besar dan parah

5 cara perawatan gigi berlubang besar dan parah

5 cara perawatan gigi berlubang besar dan parah | gigi berlubang merupakan salah satu dari masalah gigi terlebih jika sudah besar dan parah tentu akan menimbulkan rasa sakit dan dan mudah sensitif. Hal ini tentu bukan masalah besar jika terjadi pada anak-anak karena dengan gigi yang bermasalah tersebut di cabut akan segera tumbuh gigi pengganti yang baru. Namun, bila seseorang yang telah dewasa terkena masalah ini akan sedikit membingungkan karena jika dicabut sudah tidak bisa muncul gigi pengganti dan akan menyebabkan anda ompong. Gigi berlubang lebih dikenal dengan nama karies gigi dan menurut para dokter penyebab utamanya yakni karena timbunan plak atau karang gigi yang sudah lama menumpuk serta kurangnya mineral yang anda konsumsi dan juga bakteri.

perawatan gigi berlubang


Bagaimana cara mengatasi sakit gigi berlubang?

Untuk mengatasinya diperlukan kesadaran anda terlebih dahulu dalam mengenal tanda-tandanya. Dalam beberapa kasus gigi berlubang tidak serta merta dapat disembuhkan dengan mudah jika demikian mengunjungi dokter untuk mendapatkan terapi florida yang nantinya akan menentukan pilihan ditambal atau dicabut. Namun sekarang anda dapat bernafas lega karena belum lama ini ditemukan cara merawat gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan mudah dan hanya dirumah saja. Untuk itu artikel ini akan mengulasnya cara merawat gigi berlubang untuk anda berikut ulasanya :

1) hindari makanan dingin dan panas

Makanan dingin dan panas jika anda tetap sering mengkonsumsinya hanya kan menimbulkan nyeri biasa dan lama-kelamaan akan menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan. Dalam hal ini makanan dingin atau panas akan masuk kedalam lubang gigi dan dalam beberapa waktu lamanya juga akan merusak email gigi. Selain hal diatas makanan manis juga harus anda hindari karena juga bisa menyebabkan nyeri pada gigi.

2) gunakan pasta gigi khusus

Sekarang ini banyak dijual pasta gigi khusus untuk gigi berlubang anda bisa mudah mendapatkanya diwarung atau minimarket. Umumnya pasta gigi khusus ini mengandung xylithol dan kalsium yang sangat bagus untuk memberi lapisan baru pada gigi dan menutup lubang kecil pada gigi. Tetapi hal ini hanya akan memberi pengaruh jika lubangnya masih dalam tahap bisa diperbaiki. Bagi anda yang memang kerusakan giginya sudah parah tidak ada salahnya menggunakan pasta gigi khusus ini minimal 2 kali sehari setidaknya untuk mencegah lubang gigi semakin membesar.

3) perbanyak konsumsi kalsium dan mineral

Tentu anda sudah tahu bahwa kalsium dan mineral adalah sumber inti dari kesehatan gigi tanpa keduanya gigi akan keropos dan mudah lepas/copot dari gusi. Telur dan susu adalah salah satu contoh dari sumber kalsium alami yang bisa anda peroleh. Kalsium dari makanan akan memberikan efek internal dala tubuh dan membantu proses pemulihan dengan lebih cepat.

4) kunjungi dokter

Dalam taraf normal para dokter menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut setidaknya 2 kali dalam setahun. Namun, jika anda memiliki tanda atau merasakan gejala gigi berlubang jangan ditunda-tunda lagi segera melakukan cek medis pada dokter gigi. Saat anda melakukan cek jelaskan tanda dan apa yang anda rasakan untuk membantu proses periksaan oleh dokter sehingga sumber masalah akan segera diketahui. Untuk benar-benar memastikan apakah benar terjadi lubang digigi anda dokter akan menggunakan alat khusus yang terbuat dari logam gunanya alat tersebut untuk mencari dan menemukan titik-titik gejala dari gigi berlubang.

5) jalani terapi florida

Terapi florida sangat baik dilakukan ketika mulai muncul gejala dan tandanya dan akan memberikan efek maksimal ketika masih dalam awal kerusakan gigi. Adapun beberapa cara yang dilakukan ketika dalam terapi ini yakni gigi akan dilapisi semacam gel, pasta, dan larutan yang sangat bagus guna memperkuat enamel gigi. Terapi ini berlangsung cukup cepat yakni hanya 3 - 5 menit saja dan cara melakukanya hanya mengoleskan langsung pada permukaan gigi yang berlubang.

Jika semua cara diatas telah anda lakukan maka dokter akan mengambil langkah terbaiknya untuk anda yakni menambal atau mencabut gigi anda. Tentu semua itu tergantung dari kondisi gigi anda apakah menunjukan perkembangan setelah melakukan cara perawatan gigi berlubang diatas. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments