10 Merek Ponsel atau Smartphone Paling Laku (Laris) di Dunia Tahun 2015

10 Merek Ponsel atau Smartphone Paling Laku (Laris) di Dunia Tahun 2015

10 Merek Ponsel atau Smartphone Paling Laku (Laris) di Dunia Tahun 2015
Di zaman media sosial seperti sekarang, siapa orang yang tidak mengenal ponsel atau handphone?
Bahkan sebagian besar sudah memilikinya secara pribadi. Tua atau muda, pelajar atau pekerja, orang berpengaruh atau rakyat biasa, semua hampir menggenggamnya.

Tak heran kalau penjualan ponsel dunia meraih rekor cukup tinggi, yaitu 441 juta unit, naik 2% selama kuarter pertama di tahun 2015 ini. Berbeda dengan tahun kemarin. Pasar-pasar di Tiongkok, Amerika Serikat, India dan Eropa waktu itu menurun.

Demikian juga dengan Smartphone. Penjualannya meningkat, menyentuh angka 342 juta unit di kuarter pertama tahun 2015 ini, naik sebanyak 16%. Smartphone bahkan mewakili 78% ponsel selama kuarter ini, naik dibanding tahun kemarin yang sebanyak 68%. Hal itu tentu dipengaruhi oleh faktor permintaan global yang makin meningkat.

Merek-merek Tiongkok makin meningkatkan desain smartphone mereka, menjadi lebih tipis dan terkesan metallic. Strategi itu tentu saja diterapkan agar perusahaan bisa menyentuh keinginan pasar.
Berikut ini top 10 brand atau merek ponsel ternama di dunia. Top 8-nya diambil berdasarkan Total Shipments atau Jumlah Penjualan Keseluruhan di kuarter 4 tahun 2014 dan kuarter pertama tahun 2015. List ini menyertakan penjualan ponsel dan smartphone:

10. Sony Mobile

hanphone sony xperia, hanphone sony terbaru 2015, hanphone sony tahan air, hanphone sony z3, handphone sony android handphone samsung, harga handphone sony, handphone nokia, handphone sony ericsson latest, handphone sony ericsson terbaru 2012, handphone sony xperia z, harga handphone sony terbaru
Markas utama brand ini ada di Jepang dan Swedia.
Pada tahun 2001, Sony Mobile berdiri. Brand ini memiliki fasilitas R&D di kota Tokyo, Chennai, Beijing, Lund dan Silicon Valley. Di bulan April tahun 2001, Sony dan Ericsson bersatu sampai kemudian mendirikan Sony Ericsson. Kolaborasi ini fokus pada digital photography dan kemampuan manajemen informasi personal. Kita tentu mengenal Sony Xperia Z3+, Sony Xperia Z4, dll. Sistem Symbian yang dipelopori oleh iPhonenya Apple dan Androidnya Google sangat berpengaruh bagi posisi merek Sony di pasaran.

Pada bulan Februari tahun 2012, Sony memenangkan jatah Ericsson dalam kolaborasi mereka, sehingga namanya kembali diubah jadi Sony Mobile Communications. Sony Corp sebagai cabang pun memiliki perusahaan ini sepenuhnya. Pada tahun 2013, markas mereka beralih ke Tokyo. Dari bulan September 2012, Sony Mobile memutuskan untuk fokus pada segmen smartphone. Produk pertama mereka yaitu Sony Xperia S, Sony Xperia U dan Sony Xperia P. Belakangan, merek ini menutup Playstation Mobile-nya. Sementara Sony Vaio direncanakan akan ikut berkecimpung di dunia bisnis smartphone berikutnya.

9. ZTE

zte mobile price, zte mobile service center, zte mobile partner, zte mobile wiki, zte cdma mobile, zte mobile cdma gsm zte mobile india, zte mobile price in indian rupees, zte mobile indonesia, zte mobile price, zte mobile india, zte mobile
Merek ZTE didirikan pada tahun 1985, sementara untuk ZTE khusus ponsel didirikan pada tahun 1997 dan berpusat di Shanghai, Tiongkok. Cabang khusus produk ponsel ini meliputi teknologi GSM, WCDMA, PHS dan TD-SCDMA. Pada tahun 2009, merek ini jadi vendor peralatan telekomunikasi GSM ketiga terbesar di dunia. Di tahun 2011, ZTE kemudian merilis smartphone pertama dengan navigasi GPS/GLONASS. Berlanjut pada bulan Agustus 2014, ZTE juga merilis smartphone 4G LTE 5-Mode untuk ponsel Tiongkok, yang dilengkapi dengan Marvell quad core ARMADA. Bahkan di bulan Maret tahun 2015 ini, ZTE jadi perusahaan smartphone perdana yang menawarkan Leading EyeVerify Solution. Hal itu terlihat dari produk ZTE Grand S3-nya, yang menawarkan password inovatif bagi penggunanya. Tentu saja produknya jadi inovasi teknologi, jadi solusi bisnis untuk klien serta memberikan produk yang superior dan berkualitas.

ZTE sendiri beroperasi di lebih dari 160 negara. Mereka memiliki 18 R&D pusat di seluruh dunia. Terkait dengan permintaan infrastruktur 4G, merek ini menargetkan pasar Asia Pasifik. Pada tahun 2012-nya, mereka merilis TD-LTE perdana. Mobitel Srilanka jadi percobaan 4G pertama yang sukses di Asia Tenggara. Sementara untuk meningkatkan penjualan di Amerika Serikat, ZTE bekerjasama dengan NBA. Perusahaan ini juga berencana menginvestasikan 600 crores atau sekitar 6 milyar dollar (78 trilyun rupiah) di India untuk proyek kota pintar.

8. Xiaomi

xiaomi redmi note, xiaomi redmi 2, xiaomi mi4, xiaomi redmi 1s, xiaomi Indonesia
Xiaomi adalah perusahaan elektronik yang bermarkas di kota Beijing, Tiongkok. Pada April 2010, 8 partner mendirikan perusahaan ini. Xiaomi mendesain, mengembangkan dan tentu menjual smartphone, alat elektronik dan aplikasi ponsel. Pada bulan Agustus tahun 2011, Xiaomi meluncurkan ponsel perdananya. Lalu pada Desember tahun 2014, Xiaomi jadi teknologi awalan yang paling bernilai di dunia. Sayang, penjualan mereka di Tiongkok merosot 10% dari harapan. Hal itu dikarenakan persaingannya dengan perusahaan lain seperti Meizu, Apple dan Huawei. Namun perusahaan ini meraih penjualan jutaan selama 5 bulan pasca rilis di India.

Sekarang, Xiaomi menjual smartphonenya di 7 negara selain Tiongkok. Di India dan Indonesia, Xiaomi mengubah strategi distribusinya, dari online jadi hybrid. Mereka juga berinvestasi di dua negara itu, sekaligus melebarkan sayap juga ke daerah Amerika Latin. India jadi pasar terbesar bagi mereka. Karenanya, mereka mengembangkan aplikasi yang relevan berupa MiUi untuk mendukung 6 bahasa yang ada di sana. Untuk di Amerika Serikat sendiri, Xiaomi masuk dalam bentuk portal mi.com berkaitan dengan produk.

7. TCL- Alcatel

alcatel phones wikipedia, who makes alcatel phones, new alcatel phones, alcatel mobile one touch, tcl alcatel onetouch, alcatel tcl cdma+gsm android smartphone, tcl mobile phones price, tcl company
Pada tahun 2004, TCL-Alcatel didirikan dan markasnya ada Hong Kong.
Sebenarnya TCL-Alcatel ini merupaan cabang dari TCL Communication Technology Holdings Ltd. Baik di Hongkong atau Tiongkok, TCL Communication jadi salah-satu perusahaan yang memiliki lisensi untuk kepemilikan teknologi 4G, 3G, 2.75G, 2.5G dan 2G. Secara mandiri juga mereka mengembangkan produk seperti LTE, TDSCDMA, WCDMA, CDMA, EDGE, GPRS dan GSM. Terkait dengan kesuksesannya dalam desain, dalam keterjangkauan harga, ponsel yang praktis dan produk internet – yang tersedia di lebih dari 100 negara – TCL pun masuk jadi top 10 perusahaan elektronik ini. Mereka sebenarnya memiliki dua nama, yakni TCL dan ALCATEL ONE TOUCH.

Pada tahun 2011, Tiongkok Unicom memilih TCP W989 untuk seri produk smartphone 4.0 terbarunya. Sebelumnya di tahun 2010, Strategy Analytics menyebut mereka sebagai “vendor ponsel yang paling cepat tumbuh di dunia”. SementarTCL-Alcatel One touch jadi salah-satu produk TCL yang paling laris. Pada tahun 2013, mereka meluncurkan smartphone paling tipis dan bersinar. Produk tersebut memiliki portofolio dan termasuk smartphone murah, serta berkolaborasi dengan ure phone di Amerika Latin dan Eropa. Di bulan Februari 2015 kemarin, perusahaan ini meraih penghargaan “iF Design” untuk desain keren mereka dalam smarphone HERO 2.

6. LG

lg mobile price, lg mobile price list, lg mobile dual sim, lg mobile support tool, lg mobile software, lg mobile games
LG Electronic merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang berbasis di Kota Seoul. Perusahaan ini berusia cukup tua, sebab didirikan pada tahun 1958 dengan nama Goldstar. Pada tahun 1997, LG membuat telepon genggam CDMA handset perdana di dunia. Lalu pada tahun 2010, mereka resmi memasuki industri smartphone. Tablet dan smartphone menjadi andalan produksi mereka. Pada tahun 2013, LG meluncurkan smartphone melengung yang sering disebut G Flex. Produk ini rilis perdana di Korea Selatan. Lalu menyusul area lain seperti Eropa, Amerika Utara dan Asia. LG juga berencana membuka markas baru di New Jersey.

Pada tahun 2013, mereka juga bekerjasama dengan Google untuk merilis produk Smartphone Nexus 4 dan Nexus 5. Perusahaan ini begitu fokus pada setting standar-standar terupdate dalam teknologi ponsel. Bisa dibilang, LG berada di barisan depan untuk fitur-fitur inovatif seperti 3D, tampilan yang jelas dan bersinar, prosessor multi-core dan 4G LTE. Mereka berhasil menjual 20 juta ponsel dan 15,4 juta diantaranya merupakan smartphone. Untuk spot pasar paling menggiurkan bagi mereka terdapat di Amerika Utara, yakni dalam jalur smartphone dan fitur ponsel seluruh operator, khususnya yang prabayar. Baik Amerika Utara, Tengah maupun Latin memberi peranan besar bagi LG. ¾ dari total penjualan produk LG berasal dari kawasan tersebut. Sementara pasar-pasar yang pertumbuhannya cukup cepat, semisal India, Tiongkok dan Asia, justeru jadi titik lemah LG. Meski demikian, LG tetap meluncurkan LG G4 dan smarphone portofolio menengah. Lewat andalannya ini, LG bangkit dan diperkirakan bisa jadi ‘lawan berat’ bagi Samsung di pasar-pasar penting seperti Eropa dan Amerika Utara.

5. Huawei

huawei mobile connect, huawei mobile price, huawei cdma mobile, huawei mobile wiki, huawei mobile partner download, huawei mobile wifi, huawei mobile partner software, huawei mobile broadband
Huawei adalah perusahaan jaringan dan telekomunikasi asal Tiongkok yang berpusat di Kota Guangdong. Seorang mantan insinyur People’s Liberation Army mendirikan perusahaan ini di tahun 1987. Mereka memiliki total 21 institut R&D di seluruh dunia. Di pasar smartphone, perusahaan ini bisa melampaui pencapaian Xiaomi. Penjualan smartphone mereka bisa naik sampai 27%, sementara penjualan ponselnya naik 21%. Salah satu brand Huawei, Honor, memberikan hasil yang baik atas eksistensi mereka di 60 negara. Brand ini berhasil masuk dan disambut baik oleh negara dengan ekonomi berkembang seperti India. Sementara brand lain, Ascend, meraih kesuksesannya di Eropa dan Timur-Tengah Afrika.

Spot pasar kelemahan Huawei ada di kawasan Amerika Utara. Sementara yang Latin, seperti Meksiko atau Kolombia, cukup memberi respons yang bagus. Sebenarnya perusahaan ini cukup lemah untuk segmen smartphone, tapi brand Honor ternyata mampu meraih hasil yang cukup besar. Karenanya momennya cukup bagus, mereka pun terus merilis produknya via online di berbagai daerah. Di tahun 2015 ini, mereka berencana bisa menjual 100 juta smartphone.

4. Lenovo (+ Motorola)

lenovo motorola phone, lenovo compra motorola, lenovo motorola regulatory approval, lenovo motorola merger, lenovo motorola google, lenovo motorola new phone, lenovo motorola deal close, lenovo motorola cfius
Lenovo adalah perusahaan teknologi komputer asal Tiongkok yan didirikan pada tahun 1984. Adapun markas mereka ada di Kota Beijing, Tiongkok. Mereka juga membuka pusat lain yaitu di Carolina Utara, Amerika Serikat. Perusahaan ini sudah beroperasi di lebih dari 16 negara, sementara penjualannya sudah meliputi 160 negara. Pusat R&D-nya ada di 8 titik yang terdapat di 4 negara. Di Tiongkok, Amerika Serikat, Singapuran dan Jepang. Pada tahun 2005, mereka mengakuisisi bisnis personal computer (PC) IBM. Lalu pada tahun 2012, perusahaan ini terjun ke pasar smartphone, bahkan dengan cepatnya menjadi vendor smarphone terbesar di markas sendiri, di Tiongkok. Pada bulan Oktober tahun kemarin, Lenovo mengakuisisi Motorola Mobility dari Google. Kesepakatannya menyebutkan kalau Lenovo berhak mendapatkan roadmap produk masa depannya Motorola. Keduanya, Lenovo dan Motorola, kemudian menyatu.

Di kuarter pertama tahun 2015 saja, kolaborasi mereka sudah menjual 22 juta unit, yang sama-sama melampaui pasar kandangnya, khususnya yang kawasan Amerika. Meski demikian, spot pasar yang masih jadi kelemahan bagi vendor asal Tiongkok adalah Eropa. Bisa disimpulkan, kekuatan Lenovo itu menengah ke bawah sementara Motorola lebih menengah ke atas. Karena itu, Motorola membantu Lenovo memperluas portofolio di semua segmen harga serta memperluas wilayah geografis juga. Di tengah-tengah kuarter pertama tahun ini, Motorola merilis versi segar dari Moto E. Sementara Lenovo perlahan maju ke semua portofolio LTE di Tiongkok.

3. Microsoft Mobile

microsoft mobile oy, microsoft mobile nokia, microsoft mobile price, microsoft mobile device center, microsoft mobile mouse 4000, microsoft mobile mouse 3500, microsoft mobile internet toolkit, microsoft office mobile
Selama kuarter ke-2 tahun 2014 kemarin, Microsoft Mobile melengkapi akuisisi divisi “Nokia Devices & Services”. Perusahaan ini lalu membentuk Microsoft Mobile untuk bisnis perangkat keras ini. Microsoft Mobile, yang sepenuhnya dimiliki oleh anak perusahaan Microsoft itu, berbasis di Finlandia. Hal-hal utama yang mereka tawarkan meliputi desain, pengembangan, pembuatan dan distribusi ponsel, smartphone, tablet dan aksesoris terkait. Berdasarkan perjanjian lisensi 10 tahun, Microsoft berhal menjual semua ponselnya atas nama merek Nokia. Namun peragkat itu mesti sesuai S30+, yang mana fiturnya mesti handphone bukan smartphone. Karena itu, smartphone Lumia di masa nanti tidak lagi berada di bawah nama Nokia. Sudah diputuskan pada Bulan Oktober tahun 2014 kemarin, kalau Lumia masa depan akan berada di bawah nama dan logo Microsoft.
 
Sebenarnya Microsoft Mobile jadi usaha kedua dari perusahaan Microsoft untuk bergabung di bisnis telepon genggam, sementara usaha yang perdana cepat kandas di tahun 2010. Untuk kuarter pertama di tahun 2015 ini, Microsoft sudah menjual 33,7 juta ponsel. Angka yang cukup tinggi, namun sebenarnya menurun 28% dari tahun sebelumnya, yang mencapai 47 juta. 8% pangsa pasar global Microsoft terbilang datar. Untuk fitur ponsel, mereka terlihat makin kehilangan ‘lahan’. Sementara itu, Lumia masih tengah menunggu rilisnya software terbaru mereka tahun ini, Windows 10.

2. Apple

apple mobile device usb driver, apple mobile device not started, blue apple mobile video, apple mobile device support download, apple mobile models with price, apple mobile device ethernet, apple mobile device service
Apple Inc. bermarkas di California, Amerika Serikat. Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan perusahaan ini pada 01 April 1976. Setelah Samsung Electronic, Apple ini jadi perusahaan IT kedua terbesar. Di Amerika Serikat, Apple jadi perusahaan pertama yang dihargai sampai 700 milyar dollar. Berdasarkan Interbrand Best Global, Apple jadi merek yang paling menjual. Apalagi di tahun 2015 ini, Apple makin mendulang sukses dengan iPhone mereka yang memiliki layar lebih lebar. Tak heran kalau pendapatan dari iPhone menyumbang pendapatan Apple paling tinggi, yakni sampai 70%. Karena adopsi 4G yang cukup cepat dan luasnya ritel Apple, hasil ini mayoritas didapatkan dari Tiongkok.

Secara keseluruhan, pasar ponsel mereka naik 14%. Sementara pasar smartphone-nya naik 18% di kuarter 1 tahun 2015 ini.  Apple memang mampu mempertahankan ‘pelanggan’ mereka, serta kembali menggaet minat pengguna iOs yang sempat berbelok ke Android karena layarnya yang lebih lebar. Semua itu berkat produk iPhone 6 dan 6 Plusnya. Pasar tertinggi mereka jatuh k Tiongkok, sebab mampu menyumbang 30% pendapatan perusahaan. Strategi lain yang mereka terapkan yaitu ‘menyentuh’ konsumen kelas menengah ke bawah. Belum lagi pada Bulan Maret 2015 kemarin, Apple mempertahankan sebanyak 453 toko ritel di 16 negara, mengoperasikan Apple Store online serta mengoperasikan juga iTunes store, yang kita tahu sebagai retailer musik terbesar di dunia.

1. Samsung

samsung hp, samsung harga, samsung mobile, h-samsung-com samsung indonesia, samsung indonesia harga, samsung indonesia service center, harga notebook samsung indonesia, samsung indonesia galaxy note 2, samsung indonesia galaxy tab, samsung indonesia career 2012-2015-2020
Karena orang-orang sudah mulai beralih pada smartphone, maka penjualan Samsung sebanyak 99 juta ponsel terbilang menurun. Meski demikian, penjualan smartphone mereka naik jadi 83,3 juta unit. Pada kuarter sesi liburan tahun 2014 kemarin, pencapaian ini membuat Samsung merebut kembali tahtanya dari Apple. Sayangnya, segmen smartphone premium mereka yang mengandalkan S5 dan Note 4 menurun. Jelang peluncurah Samsung Galaxy S6 di kuartel kedua tahun 2015 ini, Apple masih mendominasi segmen tersebut. Penjualan produk Samsung tersebar ke 80 negara. Dari taun 2011, Samsung jadi pembuat ponsel paling besar di dunia. Dari Juli 2014, Samsung sudah menghentikan eBook store-nya, lalu bekerjasama dengan Amazon untuk proyek Kindle untuk aplikasi Samsung.

Di kuarter perdana tahun 2015 ini, laba yang diperoleh Samsung anjlok sampai 39%. Sehingga nominalnya jadi 4,39 milyar dollar. Hal itu dikarenakan persaingan yang ketat di pasar, terutama dari lawan utamanya; Apple, dengan  produk iPhone 6 dan 6S, serta dari produk-produk android lainnya. Andalan mereka yaitu Samsung galaxy S. Samsung awalnya terus mempertahankan sistem operasi seperti Symbian, Linux-based Limo, Windows, dll. Namun sejak tahun 2013, Samsung menjatuhkan semua sistem operasi, kecuali Android dan Windows.

Ada yang hendak membeli ponsel atau smartphone terbaru tahun ini? Pastikan mempertimbangkan ke-10 merek di atas serta lebih jeli dalam membeli. 10 Merek Ponsel atau Smartphone Paling Laku (Laris) di Dunia Tahun 2015 #RD

Read more: http://www.ngasih.com/2015/06/06/10-merek-ponsel-atau-smartphone-terbaik-di-dunia-tahun-2015/

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments