Cara Menggunakan Tabir Surya Secara Tepat

Cara Menggunakan Tabir Surya Secara Tepat

Cara Tepat Menggunakan Tabir Surya | Salah satu negara tropis, Indonesia mendapatkan banyak paparan sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini tentu memberikan keuntungan dan juga kekurangan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, tanpa disadari dapat berdampak terhadap kesehatan kulit Anda. Itulah sebabnya sangat dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan sunblock atau tabir surya saat akan beraktivitas di luar ruangan. Tapi sayangnya, banyak orang belum mengetahui akan pentingnya penggunaan sunblock, dan hanya menggunakan sunblock saat berada dalam beberapa situasi dan kondisi khusus, misalnya saat pergi ke pantai atau saat akan berenang.

Menggunakan Tabir Surya


Sunblock atau tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. Efek sinar matahari (ultra violet) merupakan pemicu utama dari penuaan dini dan yang lebih parahnya dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu penggunaan sunblock seharusnya mulai diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Cara yang tepat dalam menggunakan sunblock juga memengaruhi hasilnya. Jangan sampai penggunaan yang asal-asalan justru tidak melindungi kulit secara maksimal.

Anda bisa menggunakan sunblock sekitar 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Pengolesan ini hanya akan bertahan 2-3 jam, jika lebih dari itu harus dilakukan pengolesan ulang. Rentang waktu 2-3 jam ini, tidak termasuk ketika sunblock terkena air, diusap dan terkena keringat.

Untuk kulit di Indonesia, sunblock yang mengandung SPF 15 sudah cukup ampuh untuk menangkal sinar ultra violet. Tapi, jika Anda memiliki kulit lebih butih dibandingkan orang Indonesia kebanyakan, ada baiknya Anda menggunakan sunblock dengan SPF yang lebih tinggi. Perhatikan juga kandungan dalam tabir surya Anda. Pilihlah yang dapat menyaring UVB dan menangkal UVA. Hindari juga paparan sinar matahari secara berlebihan pada jam 9 pagi sampai 4 sore.

Pemilihan sunblock juga tidak bisa sembarangan, Anda harus memilih tabir surya yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Bila perlu Anda bisa berkonsultasi pada dokter kulit sebelum membeli sunblock yang tepat. Pilih juga sunblock berdasarkan durasi Anda akan terpapar sinar matahari, dan yang terakhir sesuaikan juga dengan ketinggian lokasi Anda. Jangan lupa cek kembali tanggal kadaluwarsa tabir surya Anda. Biasanya sunblock hanya dapat bertahan selama satu tahun. Jangan sekali-kali menggunakan sunblock yang telah kadaluwarsa.

Bukan berarti hanya menggunakan sunblock kulit sudah aman dari matahari. Ada baiknya Anda tetap melindungi kulit dengan topi, kaca mata hitam atau sarung tangan saat beraktivitas dalam waktu cukup lama di luar ruangan pada siang hari. Anda juga mulai harus menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Karena kesehatan kulit tidak hanya bisa dilakukan dari luar, tapi juga dilakukan dari dalam. Antara lain dengan mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan berjemur (tanning).

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments