Bunga Wijaya Kusuma (Fakta, Mitos dan hubungannya dengan Penguasa Masa Silam)

Bunga Wijaya Kusuma (Fakta, Mitos dan hubungannya dengan Penguasa Masa Silam)

Bunga Wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) termasuk jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae. Tanaman ini berasal dari Amerika tropika (Venezuela dan Caribia) dan dapat hidup pada daerah dengan iklim sedang sampai beriklim tropis. Meskipun begitu, tidak semua jenis tanaman ini bisa berbunga karena hal ini dipengaruhi oleh keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan.

Bunga Wijaya kusuma hanya merekah beberapa saat saja dan dapat tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terlalu panas. Pada umumnya tanaman jenis kaktus agak sulit ditentukan morfologinya, berbeda halnya dengan wijayakusuma. Tanaman ini mudah diidentifikasi setelah berusia tua, kita dapat melihat mana daunnya, mana batangnya, dan bagian-bagian yang lain. Di kalangan masyarakat Yogyakarta dan Surakarta, khususnya keraton, percaya bahwa seorang raja yang akan naik tahta haruslah memiliki bunga Wijayakusuma sebagai syarat. Bunga ini juga dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna.

Saat ini keberadaan Bunga wijaya kusuma mulai langka dan cukup sulit ditemukan. Karena kelangkaan tersebut, dewasa ini bunga wijayakusuma dilindungi di suaka alam. Bunga yang memiliki ciri-ciri fisik yang unik ini biasanya tumbuh di daerah pantai dengan hidup menemel pada karang-karang besar.

Bunga wijaya kusuma mekar pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun secara umum bunga dari tanaman yang masuk ke dalam keluarga kaktus-kaktusan ini mekar pada saat malam hari. Saat mekar, bunga wijayakusuma akan mengeluarkan wangi yang sangat semerbak seperti halnya bunga sedap malam.

Buah dari kaktus Wijaya Kusuma ini dikenal lezat dan dikatakan rasa seperti gooseberry.  Isi buah tampak mirip seperti buah kiwi, dengan bubur hijau dan biji hitam kecil.

Etimologi Wijaya Kusuma

Spesies ini dinamai nya sangat bergigi batang ( "anguliger" = "sudut bantalan") yang kadang-kadang membuat persegi panjang yang sempurna.

Sejarah Wijaya Kusuma

Tanaman ini pertama kali didistribusikan oleh Horticultural Society of London yang diperoleh dari kolektor, T. Hartweg, pada tahun 1846.

Asal dan habitat Wijaya Kusuma

C & S Mexico (Jalisco, Nayarit, Colima, Guerrero, dan Matanego). Epifit di hutan oak hijau.

Budidaya Wijaya Kusuma

Pembibitan
Dalam proses budidaya bunga wijaya kusuma, pertama ialah pembibitan. Anda pisahkan rumpun bibit dari rumpun akar dengan cara memisahkan bibit dari indukan dan anda harus bisa memilih indukan yang tumbuh banyak dan posturnya bagus.

Jika sudah mendapat bibit yang bagus maka selanjutnya sudah bisa anda tanam di media tanam dengan tanah yang memiliki komposisi yang bagus.

Penanaman
Cara menanam dan budidaya bunga wijaya kusuma ini bisa dengan menyeteknya. Cara steknya pun harus memiliki teknik khusus.

Nah, setelah anda sudah mendapat bibit yang bagus maka langkah selanjutnya menyiapkan tanah dan kompos dengan perbandingan yang tepat yakni dengan 1:1 dan anda campur rata.

Setelah itu anda sudah bisa menanamnya dengan memasukan bibit bungan wijaya kusuma tadi ke dalam tanah dan jangan lupa untuk menutup kembali bibit tersebut. Selain itu juga kedalaman tanam sekitar 5 cm. Setelah anda tanam maka siramlah bibit tadi dengan air secara rutin agar pertumbuhannya tetap lancar.

Perawatan Harian
Sebenarnya bunga wijaya kusuma ini tanaman yang tidak terlalu menyukai air. Namun jika anda kurang dalam memberikan air maka bisa saja bunga wijaya kusuma akan cepat layu. Dengan ini anda harus mengatur kadar air yang dibutuhkan dengan menyesuaikan kondisi cuaca yang ada.

Jika cuaca sedang panas maka lakukan menyiram tanaman secara berkala. Selain itu, cara menanam dan budidaya bungan wijaya kusuma ini, anda juga harus memberikan pupuk.

Pupuk yang wajb dipenuhi ialah pupuk kompos atau pupuk buatan dan pupuk organik. Dalam pemberian pupuk yang tepat ialah dengan memberikan dalam jangka waktu 2 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar budidaya bunga wijaya kusuma bisa berhasil.

Nah, di atas tadi sudah di jelaskan terkait cara menanam dan budidaya bunga wijaya kusuma dengan prosedur yang benar. Dengan ini anda akan bisa berlatih sendiri dan bisa membudidaya bunga wijaya kusuma di rumah anda.

Selain itu, dengan bunga yang cantik, bunga wijaya kusuma ini bisa anda jual bagi mereka yang tidak ingin repot menanamnya dari pembibitan.

Bentuk Tanaman

Batangnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil yang mana bentuk batang induknya adalah silinder. Tinggi batang dapat mencapai 2-3 meter, sedang daunnya berkisar 13–15 cm. Helaian daunnya sendiri berbentuk pipih serta berwarna hijau dengan permukaan daun halus tanpa duri tidak seperti kaktus-kaktus yang lain. Kemudian setiap tepian daunnya terdapat lekukan-lekukan yang biasanya ditumbuhi tunas daun maupun bunga. Adapun diameter bunganya adalah 10 cm, berwarna putih dan hanya mekar di malam hari. Bentuk buahnya bulat yang mempunyai warna merah dan mempunyai biji yang berwarna hitam. Pembiakkan biasanya dilakukan dengan penyetekkan ataupun biji.

oke itu ulasan singkat tentang Bunga Wijaya Kusuma, mari kita berpindah ke Fakta Mitos dan hubungannya dengan sejarah penguasa masa lampau di Indonesia.

Mitos-Mitos Bunga Wijaya Kusuma di Indonesia

Selain bentuk bunga yang indah, bunga wijaya kusuma menyimpan berbagai misteri dan mitos yang dipercayai oleh beberapa masyarakat. Bunga ini hanya mekar di malam hari saja, tidak heranbila banyak orang yang penasaran dengan bunga yang satu ini.

Sebagian masyarakat Jawa bunga wijaya kusuma dipercaya sebagai bunga yang mempunyai kekuatan mistis. Ada banyak sekali mitos yang beredar, mulai yang terdengar biasa sampai yang serius. Ada yang percaya bahwa ketika halaman rumah ditumbuhi bunga ini dan mempunyai bunga akan memudahkan pemilik rumah dalam mendapatkan banyak rezeki.

Ada juga legenda yang berkaitan dengan kembang wijaya kusuma ini di beberapa daerah. Di kalangan keraton dipercaya bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang raja bila ingin naik tahta yakni harus mempunyai sekuntum kembang wit wijaya kusuma.

Wit wijaya kusuma tersebut mempunyai makna yang luas, wit (batang pohon) merupakanbagian utama dari tanaman agar bisa berdiri dengan tegak. Hal itu menjadi simbol bahwa seorang raja harus bisa menjadi pengayom bagi rakyat yang dipimpinnya.

Kembang Raja-Raja

Ada kepercayaan yang tak lekang oleh waktu. Bahwa raja Mataram yang baru dinobatkan, tidak akan sah diakui dunia “kasar” dan “halus”, kalau belum berhasil memetik bunga Wijaya Kusuma sebagai pusaka keraton. Mengapa harus memetik bunga itu? Tradisi memetik bunga itu didasarkan atas kepercayaan, bahwa pohon yang menghasilkan bunga itu adalah jelmaan pusaka keraton Batara Kresna. Batara titisan Wisnu ini kebetulan menjadi Raja Dwarawati.

Menurut kisah spiritual dari mulut ke mulut, pusaka keraton itu dilabuh (dihanyutkan) ke Laut Kidul oleh Kresna, sebelum beliau mangkat ke Swargaloka, di kawasan Nirwana. Pusaka atribut Raja Kresna itu setelah dilabuh menjadi pohon di atas batu pulau karang. Letaknya di ujung timur Pulau Nusakambangan di selatan Kota Cilacap.

Mitos dan Misteri Bunga Wijaya Kusuma Yang Mengejutkan

Konon di jaman terdahulu para raja di Indonesia apabila ingin naik tahta, terlebih dahulu harus memetik
bunga wijaya kusuma tersebut, yakni di petik saat bunga tersebut sudah mekar. Konon pada zaman dahulu bunga tersebut berebut oleh 40 orang Bunga kusuma wijaya berasal dari daratan amerika selatan, lalu menyebar di cina dan masuk di Negara Indonesia pada zaman majapahit tersebut.

Selain mitos diatas terdapat mitos dan misteri yang lain lagi, salah satu apabila bunga wajaya kusuma mekar dan pemilik tersebut melihatnya, maka dia akan memperoleh rezeki yang berlimpah. Maka tidak heran apabila orang jawa sebagian percaya bahwa jika orang tersebut melihat bunga wijaya mekar maka dia akan mendapatkan rezeki.  Mitos yang lain lagi ialah bunga wijaya kusuma merupakan sebagai pusaka keraton dwarawati, yakni sebagai titisan dewa wisnu.

Selain itu juga di kisahkan dalam pewayangan bahwa bunga wijaya kusuma ialah senjata ampuh milik Sri Bathara Kresna, yang hanya untuk digunakan ketika hendak membantu pandawa saat dalam keadaan terdesak. Dan lagi terdapat mitos lain yakni tokoh pewayangan prabu kresna mempunyai dua senjata, yakni berupa busar serta panahnya yang diberi nama cakra dari kembang buna wijaya kusuma tersebut.

Misteri Kembang Wijaya Kusuma Dan Ratu Pantai Selatan

simak ceritanya di sini: Misteri Kembang Wijaya Kusuma Dan Ratu Pantai Selatan

Memiliki Hubungan Erat dengan Penguasa Masa Silam


Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa bunga wijaya kusuma memiliki cerita atau mitos tersendiri di kalangan keraton Surakarta dan Yogyakarta. Hal tersebut bukannya tanpa dasar, namun dulunya memang dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan raja-raja kerajaan Majapahit di masa silam.

Sedemikian sehingga masyarakat di sana mempercayai bahwa bunga wijaya kusuma memiliki kekuatan magis yang cukup besar karena memang sejak dulu raja-raja diwajibkan untuk memiliki sekuntum bunga wijaya kusuma yang diperolehnya dari hasil tanaman yang ditanamnya sendiri.

Fakta Bunga Wijaya Kusuma

Faktanya Bunga Wijaya Kusuma adalah bunga yang berasal dari Amerika tropika (Venezuela dan Caribia), memiliki berbagai manfaat sebagai tumbuhan herbal yang dapat menyembuhkan atau meringankan beberapa penyakit manusia. Bunga Ini sudah sejak masa lampai di bawa ke Indonesia dan dikait-kaitkan dengan cerita misteri kerajaan kerajaan dahulu.

Khasiat/ Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan


Terlepas dari kaitan mitosnya, kita akan memfokuskan pada manfaat bunga wijaya kusuma bagi kesehatan kita. Sebelum mengulas tentang manfaat bagi kehidupan kita, langkah baiknya kita mengetahui apa saja kandungan yang ada dalam bunga wijaya kusuma, kandungannya antara lain :

  • Glukosa, yang memberikan rasa manis pada bunga wijaya kusuma
  • Asam sitrat, yang memberikan rasa asam pada bunga wijaya kusuma
  • Memiliki PH- netral
  • Mengandung mint, sehingga memiliki efek sejuk

Itulah beberapa kandungan yang ada di dalam bunga wijaya kusuma. Bagian bunga wijaya yang bisa digunakan hanya bagian bunga dan daunnya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Ada beberapa manfaat bunga wijaya kususma, diantaranya :

Mengatasi batuk berdahak (TBC)

Tuberkolosis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, ciri-cirinya adalah batuk berdahak yanag tidak berhenti-henti, bisanya disebabkan oleh bakteri dan virus yang menempel di tenggorokan, jika dibiarkan akan menjadi masalah besar bahkan hingga menimbulkan kematian. Jika anda atau saudara dan kerabat anda mengalami penyakit ini, disarankan untuk mengkonsumsi bunga wijaya kususma, kandungan nutrisi di dalamnya sangat efektif untuk menghilangkan virus penyebab TBC. Caranya dengan merebus bunga wijaya kusuma 3-5 kuntum bunga, lalu tambahkan air serta campu dengan manfaat gula aren sebanyak 15 gram. Tunggu hingga dingin, kemudian minumlah air rebusan tadi. Lakukanlah hal ini dua kali sehari setiap hari sampai sembuh.

Mengobati sesak nafas (asma)

Ketika terjadi asma, kebanyakan orang masih menggunakan obat-obatan yang dijual di toko untuk mengobatinya, padahal obat-obatan itu ada efek sampingnya. Ada alternatif pengobatan herbal tanpa efek samping dan terbukti ampuh yaitu dengan mengkonsumsi bunga ini. Dengan mengkonsumsinya ada akan merasakan kesegaran, sehingga pernafasan anda akan terbantu dan menjadi normal kembali. Caranya ,mudah hanya ambil dan cuci 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, lalu potong-potong kecil, masukkan ke dalam air dan dicampur dengan manfaat gula batu sampai tertutup semua permukaan bunga wijaya kusuma, setelah itu tim. Tunggu hingga dingin lalu minumlah sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi radang tenggorokan

Bagi anda yang memiliki gangguan pada tenggorokan, seperti serak ataupun radang. Tak usah kawatir anda bisa mengatasinya dengan cara yang mudah dan praktis. Anda bisa mengkonsumsi bunga wijaya kusuma, karena bunga ini memiliki rasa mint yang membuat tenggorokan anda menjadi segar dan lembab kembali. Caranya cukup dengan merebus 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, tunggu hingga dingin dan minumlah. Tunggu beberapa saat kandungan bunga wijaya kususma akan bekerja untuk mengatasi radang tenggorokan anda. (Baca juga : manfaat daun mint dan manfaat daun mangga)

Mengobati nyeri lambung (gastritis)

Lambung kita sangat peka terhadap asam, jika lambung anda bermasalah jangan konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Untuk anda yang terlanjur sakit pada lambungnya, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi bunga wijaya kusuma, bunga ini sangat efektif dan aman untuk meredakan nyeri pada lambung anda, karena bunga ini memiliki PH netral sehingga tidak akan mengganggu lambung anda. Cukup dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak 3-5 kuntum, setelah itu diminum 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Mengatasi muntah darah

Mengkonsumsi bunga wijaya kusuma ternyata sangat efektif dalam mengobati muntah darah. kandungan baik yang ada di dalamnya mampu meredakan pendarahan yang terjadi. Dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak kurang lebih 3-5 kuntum, kemudian minumlah secara teratur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa merebus bunga sekaligus daun wijaya kusuma tersebut.

Mengobati pendarahan rahim

Untuk masalah pendarahan bunga wijaya kusuma memang pilihan yang tepat, bagi anda ibu hamil ketika mengalami pendarahan rahim, anda bisa menggunakan bunga wijaya kususma sebagai obatnya. Cukup dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak 2-3 kuntum, kemudian minum secara teratur isi dari rebusan tadi dimakan agar proses penyembuhan dan penutupan luka semakin cepat.

Mencegah stroke

Kandungan yang baik pada bunga wijaya kusuma sanagat efektif dalam pencegahan penggumpalan darah dalam tubuh, perlu anda ketahui apabila terjadi penyembatan darah maka resiko terkena stroke sangatlah tinggi. Untuk itulah konsumsi bunga wijaya kusuma dengan cara membuat ramuan dari rebusan bunga wijaya kusuma setiap hari.

Baik untuk stroke :

Ternyata bunga wijaya kusuma tidak hanya efektif untuk mengobati penyakit atau luka organ dalam. Penyakit luar seperti bisulpun bisa diatasi oleh bunga wijaya kusuma. Carnya dengan menggiling atau menghaluskan bunga wijaya kusuma sekitar 10-20 g setelah halus tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti bubur, kemudian oleskan pada bisul tersebut.

Mengobati luka

Tidak hanya untuk bisul, manfaat bunga wijaya kusuma juga sangat ampuh dalam mengobati luka akibat jatuh, terkena pisau. Kandungan yang ada di dalam bunga wijaya kusuma bisa membuat luka kering dan membersihkannya dari bakteri sangat cepat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bunga wijaya kusuma. Selain memiliki keindahan yang eksotis dan menyimpan banyak tanya akan kemekarannya, bunga ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kita. tidak heran banyak orang yang ingin menanam dan membudidayakannya. Bagi anda yang ingin menanamnya, ada beberapa saran yang baik untuk anda jadikan referensi, antara lain :

Tempatkan bunga wijaya kusuma pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari yang intens.
Tanamlah seperti menanam manfaat anggrek, yaitu dengan memberi media tanaman lumut, pasir sedikit dan batang paku dalm potnya.
Anda bisa mengembangbiakkannya dengan cara memotong cabang dengan cara distek, usahakan pilih cabang yang bagus, berdaging tebal. Lalu potong 15 cm kemudian simpan ditempat yang teduh dan kering.

Gunakan pot yang kecil saja, karena biasanya bunga ini tumbuh dengan akar yang berdesak desakan.
Lakukan perawatan dan pemeliharaan yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang baik, karena bunga ini mekar tergantung perawatannya.

Foto-Foto Bunga Wijaya Kusuma




Itulah Ulasan Panjang tentang Bunga Wijaya Kusuma, dari mitos, fakta, hubungan dengan kisah kerajaan terdahulu, serta manfaat herbal bunga tersebut, Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk semua pihak. Tulisan ini diambil dan dirangkai dari berbagai sumber di internet. Komentar membangun sangat dibutuhkan. Terima Kasih, Salam Munsypedia.

Share this:

You Might Also Like:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments