Artikel Pilihan

3 Provinsi Di Indonesia Yang Kaya Seperti Negara Lain

kekayaan budaya indonesia - munsypedia.blogspot,com
UN1X PROJECT - Pernahkah anda membayangkan Indonesia menjadi negara yang kaya?... Sebuah negara yang kaya merupakan negara yang bisa membagikan kemakmuran negerinya kepada rakyatnya sehingga rakyatnya bisa menikmati hidup di negaranya sendiri. Apa yang dimiliki oleh negeri-negeri kaya itu ternyata sebenarnya juga dimiliki oleh provinsi-provinsi di Indonesia.

Negeri Singapura tidak punya kekayaan alam tapi letak geografisnya yang strategis membuat negeri mini ini menjadi salah satu negeri yang makmur di Asia. Pada tanggal 29 Januari 1819 Raffless mendirikan sebuah pos perdagangan bebas di sebuah pulau di Semenanjung Malaka, yang di kemudian hari menjadi negara kota Singapura. Pada waktu itu beberapa ratus pedagang bermunculan untuk mengambil keuntungan dari kebijakan bebas pajak. Kota ini terus berkembang sebagai pusat perdagangan dengan pajak rendah hingga sekarang.

Sebenarnya Indonesia juga memiliki banyak Pulau di selat Malaka yang strategis. Coba kita perhatikan di peta, Singapura hanyalah sebuah Pulau kecil di Selat Malaka sedangkan Kep. Riau memiliki banyak Pulau di Selat Malaka yang hampir seukuran dengan Pulau Singapura seperti Pulau Batam, Lingga, Bintan dsb. dengan kata lain Kep. Riau berpotensi memiliki banyak Pulau kaya seperti Singapura. Kelebihan Kep. Riau lainnya yaitu jika Singapura miskin akan sumberdaya alam, sebaliknya Kep. Riau memiliki sumber daya alam yang melimpah, baik kekayaan yang terkandung di perut bumi, berupa minyak dan gas bumi, emas, dan lain-lain, maupun kekayaan pertanian dan perkebunannya.

Kalimantan Timur dengan Brunei - munsypediaDi Pulau Kalimantan terdapat suatu wilayah yang mempunyai standar kehidupan tertinggi di dunia. Kepala negaranya, sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Rakyatnya menikmati subsidi yang tinggi dan tidak membayar pajak. Pendidikan dan kesehatan di tempat itu gratis. Subsidi perumahan dan beras pun menjadi tanggung jawab negara. Tetapi letak wilayah makmur yang terdapat di Pulau Kalimantan itu bukanlah berada di Indonesia melainkan di sebuah negara kecil yaitu Brunei Darussalam. 

Brunei Darussalam hanyalah sebuah wilayah kecil di Pulau Kalimantan dibandingkan dengan wilayah Kalimantan lainnya yang menjadi bagian dari Indonesia. Kaltim salah satu contohnya adalah provinsi dengan luas beberapa kali lipat dari Brunei. Kekayaan alam pun tidak kalah dengan Brunei. Bahkan Kaltim bisa lebih kaya dari Brunei. Kaltim disamping menghasilkan minyak dan gas bumi juga merupakan salah satu penghasil batubara.

Pada tahun 1974, Faisal, Raja Arab Saudi, menasionalisasi perusahaan migas Aramco sehingga menjadi BUMN. Sejak itu pendapatan negara Arab Saudi meningkat drastis dan bisa memberikan pendidikan gratis bagi rakyatnya dari SD hingga Perguruan Tinggi. Di Arab Saudi rata-rata rakyatnya punya mobil. Listrik dan Rumah Sakit gratis. Sekolah bukan hanya gratis, tapisiswanya diberi uang saku hingga ke Perguruan Tinggi. Itulah kekayaan budaya indonesia - munsypediahasil yang didapatkan jika kekayaan alam bisa dinikmati 100% oleh bangsa sendiri.

Indonesia sendiri memiliki provinsi yang potensi kekayaan alamnya seperti Arab Saudi yakni Provinsi Aceh. Ibaratnya jika Arab Saudi punya Mekah maka Aceh adalah Serambi Mekahnya. Kekayaan alam Aceh pun bisa setara dengan Arab Saudi. Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dan Jerman menemukan potensi minyak (hidrokarbon) dalam jumlah sangat besar sekitar 107,5-320,79 miliar barel di perairan timur laut Pulau Simeulue, Aceh. Angka itu sangat signifikan, misalnya jika dibandingkan dengan cadangan minyak milik Arab Saudi yang volumenya mencapai 264,21 miliar barel. Jika potensi minyak itu benar-benar terbukti maka Aceh bahkan bisa lebih kaya dari Arab Saudi.

kekayaan budaya indonesia - munsypediaItu adalah beberapa provinsi di Indonesia yang kekayaannya berpotensi setara dengan negara-negara kaya. Tentu saja kita masih punya banyak provinsi lainnya yang memiliki kekayaan yang besar seperti Papua, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan lain sebagainya. Sebenarnya NKRI adalah kumpulan dari negeri-negeri kaya yang dijadikan satu. Negara Indonesia tentunya bisa melebihi Singapura, Brunei dan Arab Saudi tetapi pengelolaan negara yang kurang pandai menyebabkan Indonesia belum bisa menjadi makmur. Indonesia tentunya membutuhkan pemimpin yang pandai, berani, baik dan jujur agar Indonesia bisa menjadi negara maju.
Kandungan kekayaan alam yang dimiliki oleh tanah air kita sebenarnya sangat besar tetapi sayangnya kekayaan alam itu belum dapat digunakan untuk membangun negeri. Hampir 90% produksi minyak bumi di Indonesia dikuasai korporasi asing, yakni Total, ExxonMobil, Vico, ConocoPhillips, BP, Petrochina, Chevron, dan korporasi lainnya. Begitu juga pertambangan lainnya juga masih dikuasai asing dan swasta sehingga APBN negara Indonesia saat ini masih sangat tergantung kepada pajak dan hutang.

Posting Komentar

24 Komentar

  1. trus kapan/siapa anak bangsa akan mengelolah miliknya sendiri klo bkan kita sndri
    Kita sbgai penerus bangsa ayo kita berlomba'' mcari ilmu spya negri in kekayaannya tidak di keruk habis oleh negara asing

    BalasHapus
  2. akankah indonesia yg trcinta ini bs memakmurkan rakyat ny,sdh jd rahasia umum Harus Menyogok"dg jumlah yg wahhh.. klw mau bekerja

    BalasHapus
  3. indonesia miskin ILMU,, Coba ya Kalo kita dan pemimpin kita Berpikir pasti bisa dimanfaatkan... sungai di jakarta pun bisa dijadikan tempat rekreasi,, Tapi para wakil rakyat itu seperti orang yang tidak pernah sekolah,.. korupsi.... Haduhhh

    Indonesia tidak punya strategi untuk menjadi lebih Maju...

    move on
    ..... salam persatuan dari anak Aceh untuk Indonesi.........

    ya meskipun ada kebencian sedikit terhadap ap yang dilakukan indonesia....
    tapi itu cuma masa lalu....

    BalasHapus
  4. saya agak kaget kalau singapura masuk dalam list ini .. agak gak fokus yang mau dibahas kawasan sekitar Indo atau hanya Indonesia saja :D

    BalasHapus
  5. saya lahir dan dibesarkan di kaltim saya bangga sekaligus miris melihat kaltim sebenarnya pendapatan rata2 di kaltim jauh lebih tinggi daripada jakarta tapi tetap yg menikmati Kekayaan kaltim orang asing
    saya yakin kalo hasil bumi di kaltim bukan tidak mungkin bisa seperti california atau tokyo

    BalasHapus
  6. Kenapa kita tidak bisa mengolah hasil alam sendiri? Karna kita masih belum bersatu walaupun kita di bawah bumbung yg sama, sifat iri dengki dan saling tidak mempercayai dan memonopoli wilayah oleh satu suku itu semua tidak akan membawa indonesia ke kemakmuran

    BalasHapus
  7. Indonesia negara kaya tapi miskin.

    BalasHapus
  8. Tidak perlu menyalakan pemimpin kita klw mmank pmimpin kita tdk beres jd rakyat nya jgn ikut beres mari kita berlomba2 belajar menuntut ilmu punya harta banyak jg klw tak ada ilmu sama dgn O lbih baik punya ilmu drpd harta melimpah liat seperti negara lain negara kecil seperti jepang korea israel singapura dll tp bs menjadi negara terkaya di dunia hasil bumi nya tida seberapa di banding indonesia karna apa bs orng itu karna ilmu banyak ilmu banyak harta punya pemimpin yg jjur yg lbih mementingkn rakyat dn negara dr pada diri sendiri dan lebi mengutamakan akherat drpada duniawi baru indonesia akan menjadi negara paling kaya di dunia paling makmur dan paling di segani se dunia ini #amin

    BalasHapus
  9. Indonesia ohh indonesia..
    Harus nya negeri ini di pimpin robot ja x .
    Hehee

    BalasHapus
  10. Buat apa negri kaya kalo masyarakatnya miskin. Datang aja ke Kaltim liat sendiri di Pelosok Desanya, jangankan kaya,,, cari fasilitas untuk menimba ilmu aja susah N jauh dari standar pendidikan,,,, . Kita boleh bangga negara ini kaya, Tpi kita akan lebih bangga kalau negara ini tidak kaya dengan mengeruk hasil bumi daerahnya sendiri,,,, toh bukan kami juga menikmati hasilnya,,,,,, Salam Anak Kaltim,,, Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaltim itu udah bagus tapi mungkin karena faktor keterbatasan fasilitas...padahal mendukung banget...coba pemerintah buat fasilitas yg mempermudahkan biaya sekolah,listrik dan sebagainya di pelosok2 kecil...adakan pelatihan SDM di sana enak banget...mereka tua muda yg masih produktif putus sekolah dan pengangguran dapat bekerja setelah dapat sertifikat sdm itu tanpa bayar dan tanpa sekolah yg terlalu lama insya allah pasti maju indonesia kayak california...

      Hapus
  11. Indonesia negara kampret yg dikuasai oleh satu suku, kami sperti di jajah oleh satu suku, dia tidak bisa memimpin tapi tidak mau juga memberikan peluang untuk suku lain memimpin fuck...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesama Bangsa Indonesia kok menyalahkan suku yang lain....ini tanda sulit majunya negri.

      Hapus
  12. suku apa yg selalu memimpin di indonesia ? suku apa yg paling bnyak korupsi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Depannya hurup J ya...

      Hapus
    2. Yupp, nampaknya iya.. #fakta

      Hapus
  13. Coba indonesia nie ya membuat pelatihan SDM di masing2 desa yg sumberdaya alam yang wahhh tanpa sekolah pun indonesia bisa maju kalo hanya ada pelatihan SDM jangka pendek ato jangka panjang....tapi lihat pemerintah skrg bosan korupsi aja coba uang korupsi itu di jadikan pembayaran pengajar SDM ngk ada teori praktek langsung kasihan anak2 muda yg putus sekolah karena batas ekonomi yg kecil....
    Salam dari saya Kepulauan Riau,Kab.Karimun.

    BalasHapus
  14. indonesia kalo kekeyaannya dinikmatin sndiri bklan jd negri paling kaya sedunia... sayang krna krangnya sdm yg mmpu mnglolanya, dan bnyak pihak asing yg menydarinya, akhirnya negri ini di politisir oleh asing spaya g bisa maju2... diantaranya dngan mnygok penguasa supaya daerah nya mau dijual ke asing... dan orang2 yg pnya potensi besar dri negri ini pun mmilih tuk mmbla ngara asing, krna mreka dtrlantarkan dan tk dihargai oleh para pmimpin ngri ini...

    BalasHapus
  15. Belum lgi papua yg kaya emas dan tembaga

    BalasHapus
  16. saya agak bingung bacanya, bawanya kemana-mana, judulnya salah tulis kali, jadi gak nyambung bacanya,yang post koment pun warna-warni ceritanya, itu judulnya mah kota terkaya di dunia dekat indonesia,
    BUMI itu (bulat) bukan segitiga jadi kagak heran kalau dekat dengan negara kaya,,
    kirain bilang kota papua, penghasil emas, dan periklanan terbesar juga..

    BalasHapus

Hari ini adalah hari yang cerah untukmu...