Artikel Pilihan

Wisata Alternatif untuk Para Solo Traveler di Indonesia

Alternatif Wisata Indonesia untuk Para Solo Traveler
Alternatif Wisata Indonesia untuk Para Solo Traveler

Dengan sejumlah ide destinasi berikut, Bazaar yakin ini bukan akhir, melainkan awal kiprah Anda sebagai solo traveler.

Berlibur bersama keluarga dan para sahabat memang selalu terasa menyenangkan. Namun, ada kalanya untuk sekadar menikmati momen liburan hanya seorang diri mampu memberikan kepuasan batin tersendiri. Bahkan, tidak terbilang sedikit para traveler yang berkata saat melakukan perjalanan liburan solo, mereka dapat lebih mengenal diri sendiri.

Momen ini juga banyak dirasa sebagian besar kalangan sebagai titik awal baru untuk mulai kembali fokus ke diri Anda sendiri dan melepas stres. Tentunya akibat disibukkan dengan segudang aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Misalnya saja saat sedang kehilangan arah, mau tidak mau Anda harus mencari solusinya sendiri, tanpa bergantung pada orang lain. Sebagai contoh lainnya, jika sedang berlibur bersama, Anda harus menyesuaikan jadwal dengan rekan seperjalanan Anda.

Berbeda halnya saat melakukan perjalanan liburan seorang diri, dimana Anda bebas untuk mengatur agenda liburan Anda. Bahkan, ada kalanya liburan solo tanpa jadwal mengikat memberikan sensasi spontanitas yang menyenangkan. Kemampuan Anda untuk berpikir kreatif dan solutif kerap diuji saat melakukan perjalanan liburan solo.

Hal-hal kecil seperti inilah yang menjadi “seni” saat melakukan perjalanan liburan seorang diri. Ibarat sebuah masa di mana semuanya terfokus kepada diri sendiri. Dari, oleh, dan untuk Anda.
Mulai dari pantai, festival musik hingga destinasi penginapan yang sarat akan budaya, berikut 3 rekomendasi Bazaar seputar destinasi liburan solo Anda.

1. Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali

Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali

Mengunjungi kawasan pantai dapat menjadi opsi utama bagi para solo traveler. Merupakan sebuah keuntungan bagi kita untuk tinggal di Tanah Air yang kaya akan destinasi pantainya. Bicara soal pantai memang tidak pernah terlepas dari pulau yang satu ini.

Apalagi kalau bukan Bali. Jika pantai Kuta dan Seminyak terlalu mainstream untuk Anda yang tengah melakukan perjalanan libur seorang diri, Bazaar merekomendasikan Anda untuk menyambangi sebelah Tenggara Pulau Dewata.

Berada tepat di bawah kabupaten Klungkung, Pantai Kelingking dapat menjadi destinasi sempurna bagi Anda . Dibandingkan dengan destinasi pantai lainnya yang berada di Bali, pantai ini masih tergolong sepi dan jauh dari hiruk pikuk. Sungguh sempurna bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu seorang diri.

Tidak hanya suasana pantai yang tenang dengan pasir putih dan lembutnya deburan ombak, di Pantai Kelingking Anda juga dapat mengalami keindahan eksostisme gua kapur hingga deretan formasi karang di tepian laut.

Bicara soal pesona alam, sekali lagi Anda akan dibuat takjub dengan keunikan tebing menyerupai leher dinosaurus. Jika keindahan lansekap yang ditawarkan masih belum cukup, Anda dapat mencoba aktivitas menyelam di tengah lautan ditemani sejumlah spesies manta di Kelingking Secret Point. Imajinasikan Anda tengah berenang seorang diri, hanya ditemani sejumlah manta dan pantulan sinar matahari keemasan di lautan biru. Sempurna.

2. Eloprogo Arthouse, Borobudur, Yogyakarta

Eloprogo Arthouse, Borobudur, Yogyakarta

Belum banyak yang tahu akan eksistensi destinasi penginapan yang sarat akan seni berikut ini. Apabila selama ini, Anda hanya mengenal Borobudur karena wisata candinya, Eloprogo Art House wajib menjadi tempat yang dituju saat Anda meyambangi kawasan ini. Merupakan hunian seorang seniman lokal asal Yogyakarta bersama isteri dan anak-anaknya, destinasi penginapan yang satu ini mengekspos pesona sungai Eloprogo.

Eloprogo Arthouse, Borobudur, Yogyakarta

Ketenangan dan pengalaman seni yang disuguhkan menjadi magnet tersendiri bagi para solo traveler. Dapat ditempuh selama 35 menit dari Magelang dengan menggunakan mobil, Eloprogo Art House hadir dengan keunikan arsitekturnya.

Eloprogo Arthouse, Borobudur, Yogyakarta

Formasi susunan batu yang membentuk sebuah gerbang menyambut Anda saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Rindangnya pepohonan dan lembutnya suara arus sungai seolah menyihir Anda memasuki ketenangan batin.

Eloprogo Arthouse, Borobudur, Yogyakarta

Menghabiskan momen sendiri di pinggir sungai sembari menyesap kopi hitam panas ditemani hidangan lokal ala rumahan berimbas menjadi kenikmatan yang sesungguhnya. Selain menginap, Anda juga dapat menghabiskan waktu sendiri Anda dengan bertandang ke galeri seni yang memamerkan sejumlah karya dari sang pemilik hunian.

3. Festival Jazz Gunung, Bromo, Jawa Timur

Festival Jazz Gunung, Bromo, Jawa Timur

Salah satu cara terbaik menikmati momen kesendirian adalah dengan mendengarkan musik. Berdasarkan fakta tersebut, Bazaar merekomendasikan festival Jazz Gunung sebagai salah satu opsi perjalanan liburan sendiri Anda. Festival musik tahunan ini pertama kali digagas di tahun 2009 oleh 3 nama besar di dunia budaya dan musik, yakni Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, dan Djaduk Ferianto.

Festival Jazz Gunung, Bromo, Jawa Timur

Berbeda dengan festival music jazz pada umumnya, Anda dapat menikmati liburan sendiri sembari mendengarkan senandung musik di tengah kearifan alam pegunungan Indonesia. Selain keunikan lokasi, konsep panggung amfiteater turut menjadi salah satu ciri khas dari festival musik ini.

Kabar teranyar, festival Jazz Gunung tahun ini akan diselenggarakan di Jawa Timur, tepatnya di Probolinggo dan Banyuwangi. Jangan pernah takut merasa kesepian. Berpetualang solo ke festival ini, pastinya Anda akan bertemu dengan sesama komunitas pecinta musik jazz.

(Foto: Courtesy of Eloprogo Arthouse, Festival Jazz Gunung; Dok. Bazaar)
Artikel Asli

Posting Komentar

0 Komentar